Senin, 07 September 2020

Kirim Artikel

Dwijo.id Menerima Publikasi Berupa:

  1. Karya Tulis Ilmiah Populer Pendidikan (angka kredit 1.5)
  2. Karya inovatif seni (angka kredit maksimal 4) 
    • Puisi
    • Cerpen (Cerita pendek)

Format Naskah Artikel

  • Artikel disimpan dalam format file Ms. Words.
  • Ukuran kertas A4; Batas pengetikan kanan, kiri, atas, bawah 3cm; Paragraph 1,5 spasi; Ukuran huruf 11; 
  • Jumlah kata -/+ 1.000 kata
  • Wajib melampirkan foto diri dan menyebutkan asal sekolah serta mata pelajaran yang diampu.
  • Untuk foto ilustrasi tidak lebih dari 2 foto dan harus disebutkan sumbernya (alamat web, dll) bila mengambil dari sumber lain bukan milik penulis sendiri. 


Pengiriman Artikel dan Biaya Publikasi

  • Melalui WA dengan nomor 0881-6595-038 (dwijo.id) 
  • Membayar biaya publikasi Rp. 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) melalui rekening bank setelah mendapat konfirmasi WA  resmi dwijo.id. 

Apa saja yang diperoleh penulis

Setelah artikel sudah dipublikasikan di web dwijo.id maka penulis berkewajiban membayar biaya publikasi dengan mengirimkan bukti transfer ke nomor WA redaksi dwijo.id. Kemudian redaksi dwijo.id akan mengirimkan balasan berupa:

  • Bukti fisik naskah terpublikasi di dwijo.id dalam format PDF
  • Surat keterangan publikasi di website nasional dwijo.id dalam format PDF
  • Lembar pengesahan keaslian naskah publikasi dalam format file Ms. Word. 

Prinsip Publikasi

Hasil kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan subunsur publikasi ilmiah, dan karya inovatif, harus memenuhi persyaratan  APIK, yaitu sebagai berikut:
  1. Asli, laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya, bukan merupakan plagiat/jiplakan, atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur.
  2. Perlu, hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan profesi guru yang bersangkutan. Manfaat tersebut diutamakan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan.
  3. Ilmiah, laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah kebenaran ilmiah dan mengikuti kerangka isi yang telah ditetapkan.
  4. Konsisten, isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok guru. Isi laporan harus berada pada bidang tugas guru yang bersangkutan, dan mempermasalahkan tentang tugas pembelajaran yang sesuai dengan tugasnya di sekolahnya.


Definisi Artikel Ilmiah Populer Bidang Pendidikan (angka kredit 1.5)

Artikel Ilmiah Populer adalah tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau Media online yang mempunyai alamat website resmi bukan Blog). Tulisan ilmiah populer dalam kaitan dengan upaya pengembangan profesi guru merupakan tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide, atau gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan.  Artikel populer merupakan artikel yang berisikan informasi yang ditulis secara ringkas dan menggunakan teknik penulisan yang bebas dan runtut serta bahasa yang ringan. Sasaran audien artikel populer pendidikan adalah pembaca umum.

Karya Inovatif Seni Cerpen dan Puisi *

  1. Kategori Komplek (angka kredit 4)
    • Satuan kliping minimal 10 cerpen atau kliping minimal 40 puisi yang dimuat di media masa yang ber-ISSN.
  2. Kategori Sederhana (angka kredit 2)
    • Satuan kliping minimal 5 cerpen atau kliping minimal 20 puisi yang dimuat di media masa yang ber-ISSN

Featured Post

Implementasi Pembiasaan Literasi Di SMP Negeri 13 Surakarta Untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat Pembelajar

Oleh: Fadlilah Nurul Fajri Handayani, S. Pd. (Mahasiswa PPG Prajabatan Bahasa Indonesia Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Sebelas Maret) Ed...