Selasa, 14 Desember 2021

AKSI SEMAR DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI & NILAI NILAI INTEGRITAS

Oleh: DONY ARI WIBOWO, S. Pd.
(Guru PPKn SMK Negeri 8  Surakarta Jawa Tengah)

Edisi: Vol.2 No.1 September - Desember 2021

Di era  sekarang ini tindak pidana korupsi telah merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Perbuatan kotor yang dilakukan para koruptor itu bahkan lebih besar; yakni terampasnya hak-hak rakyat dan masyarakat luas, hak menikmati pembangunan, hak hidup layak karena mereka dililit kemiskinan, hak mendapat pendidikan yang ideal, dan bahkan hak-hak dasar hidup lainnya yang mestinya didapatkan siapa pun. Tapi karena korupsi yang makin merajalela, semua itu nyata di depan mata kita dan kondisi itu terjadi di negeri kita tercinta: Indonesia. Maka, gerakan antikorupsi yang selama ini telah bergelora di negeri ini, harus terus membara. Kebersamaan semangat, kesamaan kesadaran dan tujuan seluruh elemen bangsa untuk memerangi tindak pidana korupsi harus bukan saja dijaga melainkan terus kita tingkatkan agar negeri ini bebas dari tindak pidana korupsi. Namun kenyataan di lapangan bahwa peserta didik masih minim pengetahuan dan pemahaman konsep pendidikan anti korupsi dan integritas dalam penerapan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dengan dasar kenyataan tersebut dapat dikhawatirkan dan bahkan dapat menjadi kenyataan yang nyata bahwa perilaku moral dan integritas peserta didik baik sekarang dan akan datang akan mengalami penurunan karakter yang tidak  diharapkan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, hal ini dapat terjadi karena pembiasaan perilaku anti korupsi dan integritas belum maksimal.

Melihat fenomena tersebut dalam rangka pengembangan diri sebagai pendidik perlu dilakukan terus- menerus meski pada masa pandemi ini, dalam rangka pendidikan karakter anti korupsi dan integritas, maka inisiatif pendidik ikut kegiatan pendidikan anti korupsi dan integritas yang diselenggarakan oleh KPK melalui kegiatan diklat dan mengikuti seleksi penyuluh Anti Korupsi dan Integritas Jawa Tengah, setelah selesai mengikuti lulus mendapatkan sertifikat  E-Learning Pengetahuan Dasar Anti Korupsi dan Integritas dan lulus sebagai Penyuluh Anti Korupsi dan Integritas Jawa Tengah.  Atas kegiatan tersebut penulis berinistiatif untuk mensosialisasikan pendidikan anti korupsi dan integritas terhadap peserta didik di SMK Negeri 8 Surakarta. 

Berdasarkan paparan diatas melalui  aksi SEMAR (Stimulasi, Empati, Motivasi, Aktivitas dan Respon) dengan mengambil konsep teori  Stimulus Respons (SR), SR adalah model komunikasi paling dasar. Model ini dipengaruhi oleh disiplin psikologi, khususnya yang beraliran behavioristic. Teori Stimulus respon merupakan suatu prinsip belajar yang sederhana, dimana efek merupakan reaksi terhadap stimulus tertentu. Dengan demikian dapat dipahami adanya antara kaitan pesan pada media dan reaksi audien. 

Empati diartikan sebagai kemampuan untuk menempatkan diri dalam perasaan atau pikiran orang lain, tanpa secara nyata harus terlibat dalam perasaan atau tanggapan orang itu. (Powell : 1983, Feshbach dan Roe : 1968, Hoffman :1977) ( Hidjanto, Djamal, Andi Fachrudin, Dasar-Dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional dan Regulasi , Jakarta: Kencana,2011,h.69). Konsep motivasi diinisiasi oleh adanya kebutuhan yang disadari maupun tidak disadari yang menciptakan keinginan untuk memperoleh suatu tujuan. Jika tujuan tercapai berarti kebutuhan terpenuhi dan apabila tujuan tidak tercapai, maka tindakan ini tidak akan diulang kembali.  Menurut Slameto (1995) dalam proses pembelajaran guru perlu menimbulkan aktivitas siswa dalam berpikir maupun berbuat. Konsep aktivitas belajar menurut Hamalik  merupakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Aksi Semar  merupakan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif humanis berupa aksi diawali mendidik dengan hati yang merupakan persoalan yang paling penting agar konsep-konsep dapat dipahami dengan memberikan stimulus, perhatian secara emosional dan logis, motivasi yang dapat diterima peserta didik dan mampu diterapkan dalam aktivitas hidup agar berjalan dengan baik dan benar. Suasana inilah yang akan mendorong minat dan membangun suatu sistem kepercayaan atau keyakinan, yang selanjutnya akan menuntun terwujudnya suatu tindakan akibat respon yang diterimanya , untuk meningkatkan kualitas perilaku konsep-konsep karakter yang diharapkan.

Mengenal Pengertian Korupsi

Korupsi berasal dari bahasa latin 'corruptio'. Kata ini sendiri memiliki kata kerja 'corrumpere' yang artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutar balik, atau menyogok. Menurut Andi Hamzah dari kosa kata bahasa latin itulah kemudian turun ke banyak bahasa di Eropa, seperti Bahasa Inggris. yaitu 'corruption', 'corrupt'; Bahasa Prancis yaitu 'corruption'; dan Bahasa Belanda yaitu 'corruptie', 'korruptie'. Darikosa kata Bahasa Belanda inilah, diserap dalam bahasa Indonesia menjadi kata 'korupsi'.

Menurut Transparency International (TI). korupsi adalah perilaku pejabat publik, politikus, atau pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengan kekuasaan, dengan cara menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Dalam 30 pasal Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 juncto Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001, korupsi bisa dikategorikan menjadi 7 jenis. Yaitu, kerugian keuangan negara, penyuapan, pemerasan, penggelapan dalam jabatan, kecurangan, benturan kepentingan dalam pengadaan barang dan asa, serta gratifikasi. Sedangkan Menurut  Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001, korupsi adalah perbuatan melawan hukum dengan maksud memperkaya diri sendiri atau orang lain, baik perorangan maupun korporasi, yang dapat merugikan keuangan negara/perekonomian negara. Dengan demikian, agar suatu perbuatan bisa dianggap sebagai korupsi, maka harus memenuhi ketiga unsur tadi, yakni melawan hukum, memperkaya diri sendiri atau orang lain, dan dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. Sedangkan yang dimaksud dengan melawan hukum adalah perbuatan yang tidak diatur dalam perundang-undangan (melawan hukum formil), namun apabila perbuatan tersebut dianggap tercela karena tidak sesuai dengan rasa keadilan atau norma-norma kehidupan sosial dalam masyarakat (melawan hukum materiil), maka perbuatan tersebut dapat dipidana.

Dari uraian diatas korupsi dijelaskan bahwa korupsi dimaksud adalah individu atau sekelompok orang  dalam  tindakannya untuk memperkaya diri sendiri  dengan cara dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan atau mengutamakan kepentingan diri secara tidak wajar, akibat tindakan tersebut dapat merugikan berbagai pihak baik masyarakat maupun bangsa dan negara serta tidak sesuai rasa keadilan atau norma-norma kehidupan sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (ada unsur melawan hukum ) maka perbuatan tersebut dapat dipidana sesuai hukum berlaku.

Jenis Jenis Tindak Pidana Korupsi

Jenis-jenis tindak pidana korupsi. Seperti yang tercantum pada UU Nomor 31 Tahun 1999, terdapat 30 bentuk jenis korupsi yang tersebar dalam 13 pasal. Ketigapuluh bentuk tindak pidana korupsi tersebut pada dasarnya dapat diklasifikasikan menjadi tujuh jenis korupsi. Secara lengkap, ketujuh kategori atau jenis tindak pidana korupsi tersebut adalah:

  1. Merugikan keuangan negara;
  2. Suap-menyuap;
  3. Penggelapan dalam jabatan;
  4. Pemerasan;
  5. Perbuatan curang;
  6. Benturan kepentingan dalam pengadaan;
  7. Gratifikasi.

Nilai-Nilai Integritas

Nilai- nilai integritas yang wajib dipahami dan dilakukan dengan kesadaran dalam berperilaku kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara khusunya peserta didik meliputi 9 nilai-nilai integritas yaitu :

  1. JUJUR: Lurus hati, tidak berbohong, tidak curang.
  2. PEDULI: Mengindahkan, memperhatikan atau  menghiraukan orang lain.
  3. MANDIRI: Tidak bergantung pada orang lain.
  4. DISIPLIN: Taat terhadap peraturan, baik yang tertulis maupun tidak tertulis.
  5. TANGGUNG JAWAB: Siap menanggung akibat dari perbuatan yang dilakukan, tidak buang badan.
  6. KERJA KERAS:Gigih dan fokus dalam melakukan sesuatu, tidak asal-asalan.
  7. SEDERHANA : Bersahaja, tidak berlebih-lebihan.
  8. BERANI : Mantap hati dan percaya diri, tidak gentar dalam menghadapi bahaya, kesulitan, dan sebagainya.
  9. ADIL: Berlaku sepatutnya, tidak sewenang-wenang.

Tujuan Pendidikan Anti Korupsi dan Nilai-Nilai Integritas 

  • Peserta didik lebih mengenal lebih awal berkenaan dengan korupsi.
  • Mewujudkan generasi yang sadar dan paham dampak korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan mengerti jika melakukan korupsi ada sanksi yang akan diterima serta memiliki nilai-nilai integritas.
  • Menciptakan Generasi penerus bermoral baik serta membangun karakter teladan agar generasi penerus tidak melakukan korupsi sejak awal dan tetap mempertahankan nilai-nilai integritas.

Aksi SEMAR dalam Pembentukan Pendidikan Anti Korupsi dan Nilai-Nilai Integritas

Dalam aksi SEMAR dalam pembentukan pendidikan anti korupsi dan integritas  sesungguhnya diawali dari hati. Hati merupakan sesuatu yang paling penting dan mulia pada diri setiap manusia sebagai insan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Suatu aktivitas dapat dinilai benar atau salah tergantung pada niat atau maksud yang bersumber dari suara hatinya, sehingga sering diungkapkan dalam kehidupan keseharian bahwa segala perilaku atau perbuatan manusia tergantung pada niat yang bersumber dalam hatinya dan saya selalu berusaha. 

Dalam menerapkan aksi SEMAR (Stimulus-Empati-Motivasi-Aktovitas dan Respon ) dalam pembentukan Pendidikan anti korupsi dan nilai-nilai integritas dengan langkah-langkah strategi berikut ini:

  1. Pendidik secara stimulus respon yang suka menasehati, memperlakukan siswa seperti anaknya sendiri, dan menolong kebutuhan siswa dalam membentuk jati diri yang berintegritas, Hal ini dapat menyebabkan kecintaan peserta didik  terhadap gurunya dan semangat mengikuti pelajaran tercipta dengan kondusif melalui PTM ataupun PJJ dalam bentuk WA group mapel khusus atau WA pribadi.
  2. Pendidik secara empati dan memberi motivasi tentang solusi masalah hidup untuk praktek baik anak-anak, dengan cara  yang membangun nilai-nilai integritas dengan berusaha membangun kebaikan kebaikan nilai nilai kehidupan yang dapat dijadikan pijakan dalam menerapakan perilaku anti korupsi dan penerapan nilai-nilai integritas melalui filosofi dari kata kata bijak dari tokoh pewayangan Semar Ismoyo Jati  dan dan kisa lakon tokoh pewayangan.
  3. Pendidk menggiatkan dengan peningkatan literasi lewat media social dalam penguatan respon pendidikan anti korupsi dan nilai-nilai  integritas seperti blog pribadi (contoh: https://donyariwibowo2020.blogspot.com/2020)

Langkahnya:

  1. Literasi membaca tokoh-tokoh kisah pewayangan misal tokoh Semar dalam cerita 'Semar Gugat' dan lain-lain
  2. Memberi komentar di blog tersebut dengan alamat link yang telah dishare di Group WA mapel atau Google Classroom.
  3. Peserta didik memberi komentar pribadi  tentang kisah lakon tokoh pewayanagan dengan nilai nilai integritas.
  4. Setelah anak memahami literasi tersebut diadakan diskusi tentang kisah tersebut untuk memberikan argumen, pendapat, dan kesimpulan.
  5. Anak-anak diharapkan setelah membaca dan memberikan komentar dan menyimpulkan dapat menerapkan karakter karakter yang memiliki nilai-nilai anti korupsi dan nilai-nilai integritas
  6. Hasilnya peserta didik dapat menerapkan nilai-nilai tersebut.

Penguatan aksi SEMAR dengan pendidikan anti korupsi dan nilai-nilai integritas dengan cara:

  • Yel-yel anti korupsi setiap kegiatan pembelajaran  contohnya “Semangat semangat anti korupsi semangat semangat bebas korupsi”.
  • Selalu memotivasi dengan memberikan Stimulus Smart dengan kata-kata yang mudah diiingat yaitu Peduli SeMaR Berani Di Tanggung Keras dan Adil. yang memiliki arti ada sikap peduli, sederhana, mandiri, jujur, berani, disiplin, tanggungjawab, kerja keras dan adil.
  • Melalui Evaluasi Pendidikan anti korupsi dan nilai-nilai integritas  secara pretest dan postest menggunakan aplikasi office 365 melalui WA group mapel. 
  • Penguatan pendidikan anti korupsi dan nilai-nilai integritas dengan media sosial seperti You Tube channel Smart Generation yang telah dibuat oleh pendidik atau media lainnya,

Setelah melaksanakan aksi SEMAR dalam pembentukan pendidikan anti korupsi dan nilai-nilai integritas, peserta didik  dapat menunjukkan  :

  • Ada  peningkatan pemahaman dan berperilaku karakter profil pelajar anti korupsi serta memiliki nilai-nilai integritas sesuai Pancasila dan UUD 1945 maupun  norma-norma yang berlaku.
  • Ada  ketertarikan peserta didik dalam mata pelajaran PPKn Khususnya materi pembentukan karakter profil pelajar anti korupsi dan memiliki nilai-nilai integritas, sehingga akan selalu berantusias dalam membiasakan karakter tersebut.
  • Ada muncul perilaku yang menular dikalangan peserta didik untuk membiasakan perilaku karakter nilai-nilai anti korupsi dan nilai-nilai inegritas dalam kehidupan peserta didik.


Referensi :

  • Hidjanto,Djamal, Andi Fachrudin, Dasar-Dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional dan Regulasi , Jakarta: Kencana,2011
  • Buku Kapita selekta dab beban biaya Sosial Korupsi KPK oleh Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Kedepulan Bidang Pencegahan KPK ,2015 
  • Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 juncto Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001,
  • https://karyatulisku.com/pengertian-aktivitas-belajar-menurut-para-ahli-2/ )
  • https://donyariwibowo2020.blogspot.com/2020
  • https://www.youtube.com/channel/UCXYoOXDTLC0Xm-UWz34yLkw


86 komentar:

  1. Nama:Ivan Adi Saputro
    Kelas:Xbc
    No:18
    Makna:Adanya ketertarikan dalam mata pelajaran PPKn Khususnya materi pembentukan karakter profil pelajar anti korupsi dan memiliki nilai-nilai integritas
    Tanggal:16-12-2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar dan semoga cita cita terwujud

      Hapus
    2. Nama: Bagas Pramudya
      Kelas/Jurusan:X sm1
      No:6

      Makna diditerima:tindakannya untuk memperkaya diri sendiri dengan cara menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan atau mengutamakan kepentingan diri secara tidak wajar, hal itu sangat merugikan orang lain.

      Harapan saya sebagai generasi Milineal terhadap artikel yang telah dibaca secara seksama untuk Indonesia maju bebas korupsi dan nilai integritas : pelajar dapat mengetahui perilaku anti korupsi dan mempelajari nilai nilai integritas.

      Hapus
  2. Agus Purwanto
    xsm3
    Tgl 16 Desember 2021


    Jadi maknanya kita harus tanamkan sifat jujur dan tidak boleh mengambil hak orang lain kepada anak sejak dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih semangat belajar dan menyelesaikan tugasnya

      Hapus
  3. Nama: Atisya Hawa N.S
    Kelas/jurusan: X/Pedalangan
    Makna yg diterima:gerakan antikorupsi yang selama ini telah bergelora di negeri ini, harus terus membara. Kebersamaan semangat, kesamaan kesadaran dan tujuan seluruh elemen bangsa untuk memerangi tindak pidana korupsi harus bukan saja dijaga melainkan terus kita tingkatkan agar negeri ini bebas dari tindak pidana korupsi,dengan cara melalui aksi SEMAR dalam pembentukan pendidikan anti korupsi dan integritas.Aksi Semar merupakan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif humanis berupa aksi diawali mendidik dengan hati yang merupakan persoalan yang paling penting agar konsep-konsep dapat dipahami dengan memberikan stimulus, perhatian secara emosional dan logis, motivasi yang dapat diterima peserta didik dan mampu diterapkan dalam aktivitas hidup agar berjalan dengan baik dan benar.
    Harapan sy sebagai generasi milenial: harapan saya ,semoga Aksi SEMAR dalam Pembentukan Pendidikan Anti Korupsi dan Nilai-Nilai Integritas selalu dilaksanakan agar semua orang maupun semua anak tau tentang korupsi.

    Kamis,16 Desember 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Terima kasih atas semangat belajar ya dan telah menyelesaikan tugasnya.. semangat terus

      Hapus
  4. Nama : Rully Suwandi
    Kelas: X pedalangan
    Jadi maknanya,dalam pelajaran kali ini.
    Gerakan antikorupsi yang telah dilaksanakan pada saat ini harus selalu dikembangkan.
    Dan kita bisa ambil dari sifat Semar yang jujur dalam melakukan sesuatu hal,selalu fokus prinsip yang telah ditetapkan,dan tidak boleh mengambil hak orang lain,karena setiap manusia mempunyai hak masing masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya dan menyelesaikan tugasnya..

      Hapus
  5. Nama : Nabilla lintang p. p

    Kelas jurusan : X BC

    Makna diterima : tindakannya untuk memperkaya diri sendiri dengan cara menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan atau mengutamakan kepentingan diri secara tidak wajar, hal itu sangat merugikan orang lain.

    Harapan saya sebagai generasi Milineal terhadap artikel yang telah dibaca secara seksama untuk Indonesia maju bebas korupsi dan nilai integritas : pelajar dapat mengetahui perilaku anti korupsi dan mempelajari nilai nilai integritas.

    Tanggal : 16 Desember 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Salsabila
      Kls:XMm
      No.28
      Makna yg di terima: melihat fenomena tersebut dlm rangka pengembangan diri sbg pendidik perlu di lakukan terus menerus meski pada masa pandemi yg di selenggarakan olh KPK melalui kegiatan Diklat dan pengetahuan dsr anti korupsi dan integrasi untuk men sosialisasi kn trhdp peserta didik di SMK negeri 8ska

      Hapus
    2. Nama: Hanida sheilla putri angellina
      Kelas: XMM
      Makna yg diterima: gerakan antikorupsi yang selama ini telah bergelora di negeri ini, harus terus membara. Kebersamaan semangat, kesamaan kesadaran dan tujuan seluruh elemen bangsa untuk memerangi tindak pidana korupsi harus bukan saja dijaga melainkan terus kita tingkatkan agar negeri ini bebas dari tindak pidana korupsi,dengan cara melalui aksi SEMAR dalam pembentukan pendidikan anti korupsi dan integritas.

      Harapan saya sebagai generasi milenial terhadap artikel tsb yaitu: para pemuda dapat berperan dalam aspek penindakan pencegahan dan pendidikan dalam pemberantasan anti korupsi.

      Nilai integritas: kita harus tanamkan sifat jujur dan tidak boleh mengambil hak orang lain kepada anak sejak dini.

      Hapus
  6. Nama:Moreno putra dianto
    Kelas:X broadcasting
    Nomer:22

    Makna di Terima:adanya ketertarikan dalam pelajaran ppkn terutama di pembahasan kali ini kita harus bersifat jujur, adil dan bertanggung jawab di pelajaran kali ini gerakan anti korupsi harus di kembangkan dan kita bisa ambil sifat semar yang jujur dalam melaksanakan suatu hal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya dan komentar.. semangat ya

      Hapus
  7. Nama: Matias Nugroho Jalu Mursido
    Kls: Xmm
    Makna diterima:
    - Dapat mengerti makna dari jenis jenis tindak pidana korupsi
    - Pasal pasal dan undang undang anti korupsi
    - dan dapat mengerti arti dari korupsi itu sendiri

    Harapan saya sebagai generasi millenial terhadap artikel yang sudah saya baca adalah semoga negara Bangsa Indonesia terbebas dari adanya korupsi

    Kamis 16-12-2021

    BalasHapus
  8. Nama : Wiwik Supartiana
    No. : 32
    Kelas: X SM 1

    Terimakasih atas materinya pak.
    #Makna yang dapat saya terima dari materi tersebut antara lain pengertian korupsi,jenis-jenis tindak pidana korupsi,nilai-nilai integritas,tujuan pendidikan anti korupsi,tujuan semar dalam pembentukan pendidikan anti korupsi,penguatan aksi semar dengan pendidikan anti korupsi.
    #Harapan saya sebagai generasi Milenial terhadap artikel yang telah saya baca dengan seksama untuk Indonesia maju bebas korupsi dan nilai integritas adalah Pelajar dapat mengetahui dan dapat menerapkan perilaku anti korupsi dan nilai-nilai integritas.

    Kamis,16 Desember 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya dan tetap semangat menerapkan

      Hapus
  9. Nama : Andhiki Pratama Choirur Rochim
    No : 3
    Kelas: X SM 1


    Makna yang diterima: kita sebagai generasi milenial harus tahu mengenai apa itu korupsi dan dampaknya secara umum, kita juga harus tahu mengenai nilai-nilai integritas, apa saja langkah yang di perlukan agar kita bisa menjadi generasi pernerus bangsa yang bermoral baik.

    Harapan saya sebagai generasi milenial terhadap artikel yang telah saya baca adalah saya harap semua rakyat Indonesia terutama generasi mendatang dapat mengetahui semua mengani korupsi dan dampaknya sejak dini, agar misa meningkatkan kualitas generasi mendatang.


    Kamis, 16 desember 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya dan komentar nya.

      Hapus
  10. A. Nama : Azzka Marshiyani Lathifah
    B. Kelas : XI SM 2 / 10
    C. Makna diterima :
    Dengan aksi SEMAR, sebagai pelajar kita di wajibkan belajar untuk meningkatkan integratas diri dalam pencegahan dan menghindari tindak korupsi. Sehingga bisa menyongsong masa depan dalam hidup bermasyarakat dan bernegara untuk Indonesia makmur, maju dan bebas korupsi.

    D. Harapan saya sebagai generasi milenial terhadap artikel yg telah saya baca adalah menuju Indonesia maju, makmur bebas korupsi dan menjunjung nilai - nilai integratas dalam hidup bermasyarakat dan bernegara dan selalu mendukung program anti korupsi.

    E. KAMIS, 16 DESEMBER 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya dan semangat menggapai mimpi cita. Cita

      Hapus
  11. Nama=jeni alfi wulandari
    Kelas jurusan=X broadcasting
    Makna diterima=

    Gerakan anti korupsi yang telah dilaksanakan harus selalu dikembangkan, karna sifat korupsi ini akan menjadi turun temurun nantinya dan di negeri ini banyak orang yang curang dan tidak jujur lagi.
    Pesan saya dari kita sendiri kita harus membiasakan sifat jujur karena jika kita selalu korupsi hal sekecil apapun akan turun temurun nantinya.

    BalasHapus
  12. Nama : Fabian Ahmad Ganendra
    Kelas : X/Multimedia
    No : 10
    Makna diterima : Sebagai generasi milenial kita harus tahu apa itu arti dari korupsi, dampak yang ditimbulkan dari korupsi, dan juga sebagai generasi milenial kita harus tahu apa saja nilai nilai Integritas, dan kita harus tahu juga cara supaya kita terhindar dari korupsi. Salah satunya dengan perilaku anti korupsi.
    Harapan : Saya berharap semoga perilaku anti korupsi dapat menjadi kebiasaan bangsa Indonesia. Karena jika tidak diterapkan, korupsi akan terus merajalela dan membuat kerugian yang besar bagi bangsa dan negara kita. Serta saya berharap semoga generasi penerus bangsa memiliki moral dan sikap yang baik dan berguna bagi bangsa dan negara.
    Kamis 16 Desember 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya dan pegang dan terapkan

      Hapus
  13. Nama: Sasa safira nuraini
    Kelas jurusan: X SM 1
    Absen:27

    A.) Maknsa: dalam rangka pengembangan diri sebagai pendidik perlu dilakukan terus-menerus meski pada masa pandemi ini, dalam rangka pendidikan karakter anti korupsi dan integritas yang diselenggarakan oleh KPK melalui kegiatan diklat

    B.) Harapan: saya sebagai generasi Milineal terhadap artikel tersebut yaitu, mewujudkan generasi yang sadar dan paham akan dampak korupsi dan mengerti jika melakukan korupsi ada sanksi yang akan diterima serta memiliki nilai-nilai integritas

    Kamis/16-Desember-2021

    BalasHapus
  14. Terima kasih atas semangat belajar ya

    BalasHapus
  15. Nama : Muhammad ROFIQ ARZAKI
    Kelas/no :XSM3 /23


    Makna: kita sebagai generasi milenial harus mengerti arti korupsi dan kerugian yang ditimbulkan merugikan semua orang

    Harapan : semoga perilaku anti korupsi terus menjadi kebiasaan karena, jika tidak korupsi akan dianggap hal biasa dan menjadi kebiasaan orang-orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya dan praktekkan

      Hapus
  16. Nama : Claudy Agnestya
    Kelas jurusan : X Broadcasting

    Makna di terima : gerakan anti korupsi harus selalu dikembangkan, agar tidak ada tindak korupsi dimasa yang akan datang karena para siswa pendidikan adalah generasi penerus bangsa. Dengan cara melalui aksi semar dalam pembentukan pendidikan anti korupsi dan integritas, aksi semar merupakan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif humanis berupa aksi diawali mendidik dengan hati yang merupakan persoalan yang paling penting agar konsep-konsep dapat dipahami dengan memberikan stimulus, perhatian secara emosional dan logis, motivasi yang dapat diterima peserta didik dan mampu diterapkan dalam aktivitas hidup agar berjalan dengan baik dan benar.
    Harapan : semoga bangsa indonesia terbebas dari korupsi dan mempelajari tentang nilai² integritas
    Jumat, 17 desember 2021

    BalasHapus
  17. Nama : Ryan Nur Hidayat
    Kelas : X SM2
    Makna di Terima:adanya ketertarikan dalam pelajaran ppkn terutama di pembahasan kali ini kita harus bersifat jujur, adil dan bertanggung jawab di pelajaran kali ini gerakan anti korupsi harus di kembangkan dan kita bisa ambil sifat semar yang jujur dalam melaksanakan suatu hal.

    17 Desember 2021

    BalasHapus
  18. Nama: monik cahyani
    Kelas: XST3

    Makna yg diterima: gerakan antikorupsi yang selama ini telah bergelora di negeri ini, harus terus membara. Kebersamaan semangat, kesamaan kesadaran dan tujuan seluruh elemen bangsa untuk memerangi tindak pidana korupsi harus bukan saja dijaga melainkan terus kita tingkatkan agar negeri ini bebas dari tindak pidana korupsi,dengan cara melalui aksi SEMAR dalam pembentukan pendidikan anti korupsi dan integritas.

    Harapan saya sebagai generasi milenial terhadap artikel tsb yaitu: para pemuda dapat berperan dalam aspek penindakan pencegahan dan pendidikan dalam pemberantasan anti korupsi.

    Nilai integritas: kita harus tanamkan sifat jujur dan tidak boleh mengambil hak orang lain kepada anak sejak dini.


    Jumat,13 desember 2021

    BalasHapus
  19. Nama : Iqbal Yanuar Saputra
    Kelas/jurusan: X/BC

    Makna: Gerakan anti korupsi harus ditingkatkan lagi, supaya tidak ada tindakan korupsi.

    Harapan: Semoga Indonesia ini terbebas dari tindakan korupsi.

    Jum'at,17 Desember 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya dan telah dapat memaknai dan mewujudkan

      Hapus
  20. Nama:Muqorrobin Wahhabi Yulianto
    kelas:X SM1
    No:15
    Makna yang saya terima:Dari makna di atas bercerita tentang adanya korupsi diIndonesia dan telah merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.Dan kita harus menghindari tentang korupsi karena korupsi hal yang tidak baik bagi bangsa Indonesia,dan pelajar dini harus memahami tentang adanya korupsi.

    BalasHapus
  21. nama : ajik nugroho
    kelas : X sm 2
    Maknsa: dalam rangka pengembangan diri sebagai pendidik perlu dilakukan terus-menerus meski pada masa pandemi ini, dalam rangka pendidikan karakter anti korupsi dan integritas yang diselenggarakan oleh KPK melalui kegiatan diklat

    Harapan saya sebagai generasi Milineal terhadap artikel yang telah dibaca secara seksama untuk Indonesia maju bebas korupsi dan nilai integritas : pelajar dapat mengetahui perilaku anti korupsi dan mempelajari nilai nilai integritas.

    BalasHapus
  22. Nama:muhammad nurdiansyah prayoga
    Kelas/jurusan:XPEDALANGAN
    Makna:gerakan antikorupsi yang selama ini telah bergelora di negeri ini, harus terus membara. Kebersamaan semangat, kesamaan kesadaran dan tujuan seluruh elemen bangsa untuk memerangi tindak pidana korupsi harus bukan saja dijaga melainkan terus kita tingkatkan agar negeri ini bebas dari tindak pidana korupsi,dengan cara melalui aksi SEMAR dalam pembentukan pendidikan anti korupsi dan integritas

    BalasHapus
  23. Nama : Victoria Grace
    No : 32
    Kelas : X SM2

    Makna yang diterima : Menyalahgunakan kekuasaan dengan korupsi uang rakyat adalah tindakan tercela dan sangat merugikan rakyat. Kita harus mengutamakan kepentingan bersama.

    Harapan saya sebagai generasi milenial : Seharusnya orang orang yang korupsi bisa sadar, apalagi para pejabat yang pasti berpendidikan. Semoga kedepannya korupsi bisa ditangani dan Indonesia bebas dari Korupsi.

    17 Desember 2021

    BalasHapus
  24. Nama:Saktiatama David W
    Kelas:XSM 3
    No:30

    Jadi makna yang saya terima adalah saya mengerti apa itu pengertian korupsi dan apa saja tujuan anti korupsi.

    Harapanya semoga Indonesia ini terhindar yang namanya korupsi

    BalasHapus
  25. zaskya tassya rani
    X/SENI TARI 3


    Makna diterima : tindakannya untuk memperkaya diri sendiri dengan cara menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan atau mengutamakan kepentingan diri secara tidak wajar, hal itu sangat merugikan orang lain.

    Harapan saya sebagai generasi Milineal terhadap artikel yang telah dibaca secara seksama untuk Indonesia maju bebas korupsi dan nilai integritas : pelajar dapat mengetahui perilaku anti korupsi dan mempelajari nilai nilai integritas.
    17, DESEMBER 2021

    BalasHapus
  26. Nama: Bagas Pramudya
    Kelas/Jurusan:X sm1
    No:6

    Makna diditerima:tindakannya untuk memperkaya diri sendiri dengan cara menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan atau mengutamakan kepentingan diri secara tidak wajar, hal itu sangat merugikan orang lain.

    Harapan saya sebagai generasi Milineal terhadap artikel yang telah dibaca secara seksama untuk Indonesia maju bebas korupsi dan nilai integritas : pelajar dapat mengetahui perilaku anti korupsi dan mempelajari nilai nilai integritas.

    BalasHapus
  27. Raka eka saputra
    X/Seni Pedalangan


    makna diterima : maknanya kita sebagai warga negara indonesia yang baik harus selalu menjunjung tinggi nilai nilai pancasila dan uud45,dimana dengan adanya SEMAR yang diterapkan oleh pemerintah sangatlah penting dan kita perlu menjunjung tinggi nilai nilai integritas.


    harapan saya : semoga dengan diterapkanya SEMAR dan integritas yang tinggi dapat menjadikan negara bebas dari korupsi sehingga rakyat dapat hidup aman,nyaman,makmur,dan sejahtera.

    -17 Desember 2021

    BalasHapus
  28. Nama: Ananda Aurillova Ruthdiawati
    No: 05
    Kls: XST3
    Makna: Gerakan antikorupsi yang telah dilaksanakan pada saat ini harus selalu dikembangkan. Kita bisa meneladani sifat Semar yang jujur, bertekad kuat pada prinsip yang telah ia buat, serta tidak mengambil hak orang lain. Karena setiap manusia mempunyai hak masing masing dan kita sebagai orang lain tidak berhak mengusiknya.
    Harapan saya sebagai generasi Milineal terhadap artikel yang telah dibaca secara seksama untuk Indonesia maju bebas korupsi dan nilai integritas : kita para pelajar harus dapat mengetahui dan paham tentang perilaku anti korupsi, serta mempelajari nilai nilai integritas agar generasi kita terjaga dari hal hal dan niat niat buruk kedepannya.
    Tanggal: December 17, 2021

    BalasHapus
  29. Nama:Rian Reda Nugroho
    No:28
    Kls:X BC

    Makna diterima:Dalam aksi SEMAR dalam pembentukan pendidikan anti korupsi dan integritas sesungguhnya diawali dari hati. Hati merupakan sesuatu yang paling penting dan mulia pada diri setiap manusia sebagai insan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Suatu aktivitas dapat dinilai benar atau salah tergantung pada niat atau maksud yang bersumber dari suara hatinya, sehingga sering diungkapkan dalam kehidupan keseharian bahwa segala perilaku atau perbuatan manusia tergantung pada niat yang bersumber dalam hatinya dan saya selalu berusaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya.. lanjutkan dan pegang nilai nilai integritas serta praktek kan

      Hapus
  30. Nama : krisolita Putri.H
    Kelas: X SM 2
    Absen: 20

    Makna : gerakan antikorupsi yang selama ini telah bergelora di negeri ini, harus terus membara. Kebersamaan semangat, kesamaan kesadaran dan tujuan seluruh elemen bangsa untuk memerangi tindak pidana korupsi harus bukan saja dijaga melainkan terus kita tingkatkan agar negeri ini bebas dari tindak pidana korupsi.

    Harapan : Semoga Aksi SEMAR dalam Pembentukan Pendidikan Anti Korupsi dan Nilai-Nilai Integritas bisa diterapkan

    Jumat,17 Desember 2021

    BalasHapus
  31. Dewangkara Tri Dwi Ahya17 Desember 2021 pukul 10.12

    Nama : Dewangkara Tri Dwi Ahya
    Kelas/Jurusan : X Seni Pedalangan
    No. Absen : 9

    Makna Di terima :Tindakan yang menyalahgunakan kekuasaan publik yang di percaya untuk memperkaya diri atau kepentingan pribadi merupakan tindakan yang sangat tidak baik, hal itu sangat merugikan bagi orang lain

    Harapan saya sebagai generasi milenial agar pelajar dapat mengetahui perilaku anti korupsi karena sifat tersebu merupakan sifat yang tidak baik/merugikan bagi orang lain dan kita sebegai generasi milenial harus menguatkan tindakan anti korupsi


    Jum'at, 17 Desember 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya dan telah komentar serta praktekkan

      Hapus
  32. Nama : Denathiel Radhitya Saputra
    Absen : 09
    Kelas : X SM2


    Makna yang dapat saya terima dari artikel diatas yaitu Pengertian anti korupsi dan jenis tindak pidana korupsi.

    Harapan saya sebagai generasi milenial terhadap artikel yang telah saya baca secara seksama untuk Indonesia Maju bebas korupsi dan nilai integritas adalah kita sebagai pelajar dapat mengetahui perilaku anti korupsi.

    BalasHapus
  33. Nama: Zhevanya Ayu.M
    Kelas: X SM 2
    Absen:35

    Makna diterima:Mengajarkan kepada kita untuk tetap waspada pada tindakan korupsi,mengerti apa saja dampak dari tindakan korupsi,dan menanamkan nilai-nilai integritas pada diri kita sendiri serta melakukan anti korupsi agar para koruptor yg berada di Indonesia semakin berkurang dan negara menjadi maju dibidang ekonomi.

    Harapan sy sbg generasi Milineal terhadap artikel yg telah dibaca secara seksama utk Indonesia maju bebas korupsi dan nilai integritas: Hal tersebut tidak terulang kembali,ekonomi bangsa Indonesia tercukupi,dan masyarakat Indonesia memiliki sifat jujur mulai dari sekarang,dan untuk anti korupsi hal tersebut harus terus diterapkan di Indonesia

    Jumat,17 Desember 2021

    BalasHapus
  34. Nama: Clarica Virania Inayah
    Kls;X SM3
    No:9
    ✿Makna di terima : dalam pergerakan anti korupsi ini harus selalu dikembangkan, agar tidak ada tindak korupsi dimasa yang akan datang karena para siswa pendidikan adalah generasi penerus bangsa. Aksi semar merupakan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif humanis berupa aksi yang diawali mendidik dengan hati yang merupakan persoalan yang paling penting supaya konsep dapat dipahami dengan memberikan stimulus, perhatian secara logis dan emosional, motivasi yang dapat diterima peserta didik dan mampu diterapkan supaya berjalan dengan baik dan benar.
    ✿Harapan :saya mengharapkan semoga Bangsa Indonesia agar bisa terbebas dari korupsi dan mempelajari tentang nilai-nilai integritas, tentang perilaku anti korupsi dan dapat menjadi kebiasaan bagi Bangsa Indonesia.

    ✿Jumat, 17 desember 2021

    BalasHapus
  35. Nama: Dendra Rizky A W
    Kelas: XBC
    Absen: 8

    Makna diTerima: Adanya ketertarikan dalam pelajaran ppkn terutama di pembahasan kali ini kita harus bersifat jujur, adil dan bertanggung jawab di pelajaran kali ini gerakan anti korupsi harus di kembangkan dan kita bisa ambil sifat semar yang jujur dalam melaksanakan suatu hal

    BalasHapus
  36. Nama: Cheryna putri aryadi
    No : 6
    Kelas: X ST3


    Makna: Gerakan antikorupsi yang telah dilaksanakan pada saat ini harus selalu dikembangkan. Kita bisa meneladani sifat Semar yang jujur, bertekad kuat pada prinsip yang telah ia buat, serta tidak mengambil hak orang lain. Karena setiap manusia mempunyai hak masing masing dan kita sebagai orang lain tidak berhak mengusiknya.

    Harapan: saya sebagai generasi Milineal terhadap artikel yang telah dibaca secara seksama untuk Indonesia maju bebas korupsi dan nilai integritas : pelajar dapat mengetahui perilaku anti korupsi dan mempelajari nilai nilai integritas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya.. praktekan nilai nilai tsb

      Hapus
  37. Nama: Muhammad Zulfikar
    Kelas:X S
    No:24

    Maknanya:pelajaran kali ini.
    Gerakan antikorupsi yang telah dilaksanakan pada saat ini harus selalu dikembangkan.

    Harapan:kita para pelajar harus dapat mengetahui dan paham tentang perilaku anti korupsi, serta mempelajari nilai nilai integritas agar generasi kita terjaga dari hal hal dan niat niat buruk kedepannya

    BalasHapus
  38. NAMA :DANI BUDI SETIAWAN
    KELAS:XBC
    ABSEN:07
    MAKNA YANG DITERIMA : Peserta didik lebih mengenal lebih awal berkenaan dengan korupsi.
    Mewujudkan generasi yang sadar dan paham dampak korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan mengerti jika melakukan korupsi ada sanksi yang akan diterima serta memiliki nilai-nilai integritas.
    Menciptakan Generasi penerus bermoral baik serta membangun karakter teladan agar generasi penerus tidak melakukan korupsi sejak awal dan tetap mempertahankan nilai-nilai integritas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar ya.. amalkan nilai nilai tsb

      Hapus
  39. Nama:doa rollio Telaumbanua
    Kelas:x SM 3
    Absen:13

    Makna diterima:
    Saya jadi tahu mengenai korupsi dan berbagai macam jenis korupsi,juga tentang sikap yang harus saya bangun agar tidak terjerumus ke korupsi,sangat efektif dan menambah wawasan

    Jumat,17 Desember 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas semangat belajar dan komentar nya serta praktekkan

      Hapus
  40. Nama:elang Bayu Kurnia Sendy
    Kelas:x sm 1
    Absen:10


    Makna diterima:kita sebagai generasi milenial harus tau apa itu korupsi dan dampaknya secara umum,kita juga tau mengenal nilai nilai integritas,apa saja langkah yang diperlukan agar kita bisa menjadi generasi milenial yang bermoral baik.

    Harapan saya sebagai generasi milenial semoga bangsa Indonesia bisa terbebas dari korupsi serta dapat mempelajari tentang nilai nilai integritas agar terhindar dari niat niat buruk lainya.

    BalasHapus
  41. Nama: Nabila Qurratul'Ain
    No. : 16
    Kelas:xSM1

    Makna materi tersebut antara lain pengertian korupsi,jenis-jenis tindak pidana korupsi,nilai-nilai integritas,tujuan pendidikan anti korupsi,tujuan semar dalam pembentukan pendidikan anti korupsi,penguatan aksi semar dengan pendidikan anti korupsi.


    Harapan: saya sebagai generasi Milenial dengan seksama untuk Indonesia maju bebas korupsi dan nilai integritas adalah Pelajar dapat mengetahui dan dapat menerapkan perilaku anti korupsi

    BalasHapus
  42. Nama:Mandalangi Reguna Lintang Jitabsara
    Kelas:X BC
    Absen:21


    Makna diterima:kita harus mengerti tentang apa itu korupsi, nilai-nilai integritas, tujuan pendidikan anti korupsi dan tujuan SEMAR dalam pembentukan pendidikan anti korupsi

    Harapan saya sebagai generasi milenial semoga Indonesia bisa terbebas dari segala tindak korupsi serta dapat mempelajari tentang nilai-nilai integritas

    BalasHapus
  43. Nama: Andhika Pratama CR
    Kelas: X SM1
    Absen: 5



    Makna yang di terima: Kita semakin mengerti tentang apa itu korupsi, jenis jenisnya, nilai nilai integritasnya, dan tujuan SEMAR dalam mengembangkan pendidikan anti korupsi,agar kita generasi milenial tahu apa bahaya dan dampak dari korupsi


    Harapan saya sebagai generasi milenial yaitu rakyat Indonesia mengerti tentang dampak dari korupsi agar korupsi dapat di berantas dan negara kita bebas akan korupsi

    BalasHapus
  44. Nama : Nathalia putri k.d
    Kelas : X Sm 3 / 26

    Assalamualaikum wr.wb

    Yang saya terima dimateri kali ini adalah semakin mengerti tentang dunia luar, salah satunya korupsi, jenis-jenis korupsi, Nilai intergritasnya,Dan tujuan tertentu SEMAR dalam pengembangan pendidikan yang anti dengan korupsi.

    Harapan saya untuk kedepannya atau sebagai salah satu generasi milenial,yaitu tentang dampak adanya korupsi dapat diberantas dan negara kita bebas akan yang namanya korupsi atau jenis lainnya korupsi.

    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  45. Nama: Sunil Gaya Calastrava
    No: 31
    Kelas: X SM 3

    Makna yang saya terima adalah Gerakan anti korupsi yang telah dilaksanakan pada saat ini harus selalu dikembangkan. Dan penguatan aksi Semar dengan pendidikan anti korupsi.

    Harapan saya sebagai generasi milineal terhadap artikel yang sudah saya baca adalah semoga pelajar dapat mengetahui nilai-nilai integritas dan dapat menerapkan perilaku anti korupsi.

    Jum'at, 17 Desember 2021

    BalasHapus
  46. Mantap... lanjutkan praktek.. terima kasih atas semangat belajar

    BalasHapus
  47. Nama :Meisaroh Eka Damayanti
    Kelas :X SM 3
    Absen:22

    Makna diterima:Gerakan antikorupsi yang selama ini telah bergelora di negeri ini. Harus terus membara,kebersamaan semangat, kesamaan, kesadaran Dan tujuan seluruh elemen bangsa untuk memerangi tindak pidana korupsi.

    Harapan:Semoga aksi SEMAR dalam pembentukan pendidikan anti korupsi Dan nilai nilai integritas bisa diterapkan.
    Sabtu, 18 Desember 2021

    BalasHapus
  48. Nama :Febilla Kriska Putri M
    Kelas :X SM 3
    Absen:18

    Makna diterima:Gerakan antikorupsi yang selama ini telah bergelora di negeri ini. Harus terus membara,kebersamaan semangat, kesamaan, kesadaran Dan tujuan seluruh elemen bangsa untuk memerangi tindak pidana korupsi.

    Harapan:Semoga aksi SEMAR dalam pembentukan pendidikan anti korupsi Dan nilai nilai integritas bisa diterapkan.
    Sabtu, 18 Desember 2021

    BalasHapus
  49. Nama:Bagus Rossiansyah
    Kelas:X SM 3
    Absen:05

    Makna diterima:gerakan anti korupsi ini harus trus lakukan karena Kasus korupsi masih sulit untuk diberantas . dan penyebabnya adalah sistem hukum yang kurang demokratis dan hukum tersebut dapat berlaku sesuai dengan jabatan bahkan hukum tersebut juga dapat dibeli. Penyebab lain adalah banyaknya pengacara yang bersedia untuk membantu para koruptor dalam menangani kasusnya sehingga banyak koruptor tersebut menyewa seorang pengacara walaupun mereka harus membayar dengan harga yang sangat mahal. Disisi lain yaitu karena lambatnya proses hukum, dan juga karna adanya sifat tamak pada diri seseorang tersebut. Jika hal ini masih terus saja terjadi maka korupsi terebut tidak akan pernah habis dan masih akn terus terjadi di tahun-tahu berikutnya.

    Harapan saya:sebagai generasi milenial yaitu rakyat Indonesia mengerti tentang dampak dari korupsi agar korupsi dapat di berantas dan negara kita bebas akan korupsi

    BalasHapus
  50. Nama:Yeni Febriyanti
    Kelas: X SM 2

    Makna:pengembangan diri sebagai pendiik perlu dilakukan terus-menerus meski pada masa pandemi ini, dalam rangka pendidikan karakter anti korupsi dan integritas yang diselenggarakan oleh KPK melalui kegiatan diklat

    Harapan:terhadap artikel tersebut yaitu, mewujudkan generasi yang sadar dan paham akan dampak korupsi dan mengerti jika melakukan korupsi ada sanksi yang akan diterima serta memiliki nilai-nilai integritas

    BalasHapus
  51. Nama:fiki mnadar dijaya
    Kelas:x sp
    Absen:12

    Makna ynag diterima:gerakan ini harus dilakukan terus sampai korupsi benar benarr hilang dan tidak ads korupsi

    BalasHapus
  52. Nama:Elisa Avrillita
    Kelas:X SM 3
    Absen:15

    Makna diterima:Aksi Semar merupakan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif humanis berupa aksi diawali mendidik dengan hati

    BalasHapus
  53. Nama : Nur Cahyo B.S
    Kelas: X Broadcast
    Absen:26



    Makna yang diterima :tindakannya untuk memperkaya diri dengan cara menyalahgunakan kekuasaan publik dan mengutamakan kepentingan diri secara tidak wajar, hal itu sangat merugikan orang lain.

    Harapan : Bisa mewujudkan generasi dan sadar akan dampak dari korupsi.

    BalasHapus
  54. Nama:Dhiva ramadhan
    Kelas:X sm3
    No : 11
    Makna yang diterima : sebagai bangsa kita harus memiliki sifat jujur karena orang yang berkorupsi adalah tindakan kejahatan maka agar tidak terjadi korupsi lagi kita harus memberikan sanksi-sanksi yang lebih berat.

    BalasHapus
  55. Nama : Aknes Leonika Setya Ningrum
    Kelas : X SM3

    Makna yang diterima : Dengan ini pengetahuan ilmu tentang korupsi saya semakin bertambah.Maka dari itu gerakan antikorupsi saat ini harus ditingkatkan dan dikembangkan.Mengingat tidak semua orang terbekali pengetahuan anti korupsi dan kita harus meningkatkan rasa minat literasi sejak dini.

    Harapan saya sebagai generasi milenial terhadap artikel yang telah dibaca secara seksama untuk Indonesia maju bebas korupsi dan nilai integritas : Saya sebagai generasi milenial berharap bahwa sebagai rakyat indonesia harus paham dan sadar akan adanya korupsi dan negatifnya dampak yang ditimbulkan.Rakyat Indonesia harus mau dan mampu diajak bekerjasama mewujudkan Indonesia maju tanpa korupsi.

    Sabtu,18 Desember 2021

    BalasHapus
  56. Nama:Raditya Ramadhan
    No:28
    Kelas:XSM3



    Makna yang diterima:Kita sebagai warga negara Indonesia harus berkerja sama dalam hal apa pun dan dimana pun,baik dilingkungan keluarga maupun lingkunagn masyarakat.serta kita harus jujur kepada seseorang,karena jujur mengajarkan kita berperilaku baik kepada seseorang.

    BalasHapus
  57. Nama: Muh.ilham ramadhan
    No:24
    Kelas:X BC





    Makna yang diterima : Gerakan anti korupsi yang telah dilaksanakan pada saat ini harus selalu dikembangkan Dan aksi Semar dengan pendidikan anti korupsi



    harapan saya : bisa mewujudkan generasi
    ke generasi dan tindakan adanya korupsi

    BalasHapus
  58. Nama: Adam yusvario
    No/kelas: 02/XI SBC

    C. Makna diterima: sebagai pelajar kita di wajibkan belajar untuk meningkatkan integratas diri dalam pencegahan dan menghindari tindak korupsi. Sehingga bisa menyongsong masa depan dalam hidup bermasyarakat dan bernegara untuk Indonesia makmur, maju dan bebas korupsi.

    D. Saya siap, Harapan saya adalah menuju Indonesia maju, makmur bebas korupsi dan menjunjung nilai - nilai integratas dalam hidup bermasyarakat dan bernegara dan selalu mendukung program anti korupsi.

    BalasHapus
  59. Nama : Roey Caniago
    No : 31
    Kelas: XI MM


    Makna yang diterima: kita sebagai generasi milenial harus tahu mengenai apa itu korupsi dan dampaknya secara umum, kita juga harus tahu mengenai nilai-nilai integritas, apa saja langkah yang di perlukan agar kita bisa menjadi generasi pernerus bangsa yang bermoral baik.

    Harapan saya sebagai generasi milenial terhadap artikel yang telah saya baca adalah saya harap semua rakyat Indonesia terutama generasi mendatang dapat mengetahui semua mengani korupsi dan dampaknya sejak dini, agar misa meningkatkan kualitas generasi mendatang

    BalasHapus

Featured Post

Implementasi Pembiasaan Literasi Di SMP Negeri 13 Surakarta Untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat Pembelajar

Oleh: Fadlilah Nurul Fajri Handayani, S. Pd. (Mahasiswa PPG Prajabatan Bahasa Indonesia Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Sebelas Maret) Ed...