Selasa, 24 Agustus 2021

Buku Saku e-Learning Informatika Berbasis GlideApps

Oleh: Kristina Mulyaningsih, S. Kom
(Guru TIK SMAN 1 Weru Sukoharjo - Jawa Tengah)

Edisi: Vol.1 No.3 Mei - Agustus 2021

Dalam proses belajar, media pembelajaran dapat dimanfaatkan sebagai sarana memudahkan peserta didik untuk menerima dan memahami materi pelajaran, memudahkan proses belajar mengajar, dan mengefektifkan komunikasi serta diskusi antara pendidik dan peserta didik. Media pembelajaran dapat berupa softfile atau hardfile. Media pembelajaran berbentuk softfile dapat berupa e-Modul, slide, dan e-book. Sedangkan media pembelajaran dalam hardfile dapat berupa handout, lembar kerja siswa dan modul. 

E-Modul merupakan bahan belajar mandiri yang mempunyai kelebihan diantaranya dapat dengan mudah diakses kapanpun dan dimanapun, tidak perlu instalasi aplikasi di laptop, disusun secara sistematis dan ditampilkan dalam format elektronik, di dalamnya memuat audio, animasi, dan video sehingga akan mempermudah peserta didik dalam memahami pelajaran. Bahan ajar elektronik dapat dibuat dengan beberapa aplikasi, salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah GlideApps.

Dengan GlideApps memudahkan untuk mengubah spreadsheet Google Sheets menjadi aplikasi seluler nyata tanpa coding (membuat program sendiri) dengan mudah. Hal ini mempunyai pengertian bahwa siapapun bisa menggunakan aplikasi ini. Selain e-Modul, tugas-tugas, ulangan harian, maupun presensi online juga bisa dibuat dengan GlideApps.

Aplikasi GlideApps memiliki keunggulan satu diantaranya menjadikan bahan ajar dengan tampilan seperti aplikasi android. Tidak terbatas hanya pada tulisan saja namun dapat ditambahkan gambar, video, audio, dan lainnya yang bisa menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif dan inovatif.

GlideApsp merupakan layanan dari situs web https://www.glideapps.com. Layanan yang diberikan adalah membantu pembuatan aplikasi sendiri dari Google Spreadsheet dengan waktu singkat. GlideApps memiliki opsi akun gratis, ini akan bermanfaat untuk sebagian besar kebutuhan orang dan memungkinkan seseorang untuk berbagi aplikasi dengan orang lain. 

GlideApps dapat membantu membuat aplikasi etalase yang berfungsi secara optimal diantaranya aplikasi pelacakan tugas, aplikasi manajemen inventaris interaktif, dan aplikasi pelaporan pengeluaran yang siap pakai, Semua berdasarkan template yang dibuat sebelumnya dan menggunakan data spreadsheet dasar sebagai intinya. 

Aplikasi yang dibuat dengan GlideApps tetap disinkronkan ke spreadsheet setelah dipublikasikan,  setiap perubahan dan pembaruan bisa dialukan dengan semudah menambahkan baris atau bidang data baru. Untuk saat ini, aplikasi GlideApps didistribusikan melalui tautan web khusus, sesuatu yang dapat dibuka dan digunakan oleh siapa saja di peramban biasa, misalnya, di https://bukuinformatika.glideapp.io/ . Jika membuka tautan seperti itu dari ponsel, akan terlihat prompt untuk menambahkan aplikasi ke layar beranda, kendali aplikasi bisa dilakukan melalui ikon yang tersedia untuk akses berkelanjutan yang mudah.

GlideApps merupakan editor sederhana namun kuat untuk membuat aplikasi secara visual dan memanfaatkan Google Spreadsheet untuk menyimpan data. Dengan memanfaatkan Google Spreadsheet sebagai database berarti anda memiliki kontrol penuh atas data anda dalam antarmuka visual. Dalam penggunaannya dapat dilakukan dengan mudah dalam rangka berinteraksi dengan database tanpa melakukan pemrograman, dan semudah seperti halnya dengan spreadsheet. 

Membangun aplikasi secara mandiri memang sulit, tetapi GlideApps memperbaiki persepsi itu dengan mengizinkan siapa saja bisa membuat aplikasi tanpa kode dengan menggabungkan aplikasi yang mudah digunakan dengan Google Spreadsheet. GlideApps menawarkan banyak template untuk menampilkan komponen yang dapat dibuat dan memberikan titik awal jika tidak yakin harus mulai dari mana. Mengapa tidak semua orang menggunakan GlideApps untuk membangun aplikasi mereka? hal ini karena GlideApps adalah alat tanpa kode yang menggunakan Google Spreadsheet sebagai database, ada beberapa batasan dalam apa yang dapat dibuat.

Bagaimana Memulai Membangun Aplikasi Dengan Glide?

  • Langkah 1

Dari browser Anda buka GlideApps.com dan klik opsi di sudut kiri bawah dengan nama Get Started

  • Langkah 2 

Setelah mengklik opsi Get Started, sebuah jendela pop-up akan terbuka meminta untuk mengunggah lembar Google yang ingin kita kerjakan. Cukup pilih file yang diinginkan dan kemudian akan diarahkan ke layar utama perangkat lunak di mana semua fitur yang diperlukan untuk membangun aplikasi akan hadir.

  • Langkah 3

Jendela utama perangkat lunak terbuka menampilkan struktur aplikasi default yang akan dibuat saat menerapkan aplikasi. Pertama, ini dimulai dengan opsi tata letak. Opsi tata letak ini berisi berbagai subbidang seperti Tata Letak, Fitur, dan Tambah. Fitur Tata Letak menyediakan daftar semua jenis tata letak berbeda yang akan gunakan untuk membuat aplikasi yang mudah dipahami oleh pengguna. Ini juga berisi pembungkusan teks dan kolom utama yang ada dalam data aktual.

  • Langkah 4

Berikutnya, bagian Fitur Glideapps berisi semua pemfilteran, opsi pencarian, dan opsi pengurutan yang dapat ditambahkan ke aplikasi untuk membuatnya lebih dinamis. Bagian Tambah pada bagian tata letak berisi fitur untuk memungkinkan pengguna menambahkan data mereka ke dalam aplikasi yang membuat aplikasi bekerja secara dua arah.

  • Langkah 5

Pada opsi tata letak, ada opsi tab. Opsi tab ini berisi subfitur penambahan berbagai jenis widget yang akan membantu membuat tombol beranda aplikasi terlihat lebih keren dan menarik. Ini berisi daftar besar fitur pemilihan widget yang ingin ditambahkan di aplikasi.

  • Langkah 6

Setelah opsi tab, ada opsi untuk melihat data mentah yang disimpan di Google Sheet melalui tab data. Dengan bantuan ini bisa menambahkan kolom dan baris baru ke data yang ada.

  • Langkah 7

Selanjutnya muncul opsi pratinjau yang menunjukkan bahwa untuk sistem operasi mana yang sedang dibuat aplikasinya, ada 2 pilihan yaitu Android atau iOS. Pada fitur ini memungkinkan  untuk menambahkan pengguna yang akan menggunakan aplikasi tersebut.

  • Langkah 8
Setelah ini muncul opsi pengaturan. Tab ini berisi pengaturan modifikasi desain aplikasi yaitu jenis warna yang diinginkan untuk tampilan UI (user interface), jenis ikon yang akan digunakan untuk ditampilkan oleh aplikasi, jenis tema font, dan juga nama aplikasinya, pengguna, detail tambahan yang ingin ditambahkan dan juga kredensial login yang ingin ditambahkan dalam aplikasi. Tab pengaturan juga menyediakan fitur lain seperti menautkan aplikasi ke Google Analytics, berbagi layar, mode tablet, dll. Namun, ini hanya untuk anggota berbayar dan bukan untuk pengguna gratis. Google Sheet juga dapat diedit dan dimanipulasi jika diperlukan.
  • Langkah terakhir. 
Setelah menyiapkan semua fungsi yang akan digunakan pada aplikasi yang dibuat, langkah terakhir adalah menerapkan yang sama seperti aplikasi langsung yang dapat digunakan oleh pengguna akhir baik untuk Android dan IOs.

Berdasarkan poin-poin pembahasan diatas tentang Glide, dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak ini paling cocok untuk membangun aplikasi yang akan mengambil data dari spreadsheet, dan oleh karena itu aplikasi dengan fitur yang lebih dinamis tidak dapat dibangun dengan aplikasi ini. Glideapps dapat dengan mudah digunakan oleh perusahaan yang ingin membangun manajemen inventaris, kehadiran, dan aplikasi terkait database lainnya. Namun, ada tema terbatas untuk dipilih dan UI aplikasi terbatas pada beberapa pilihan.


Tampilan https://bukuinformatika.glideapp.io/ di desktop komputer


Tampilan https://bukuinformatika.glideapp.io/ di smartphone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Implementasi Pembiasaan Literasi Di SMP Negeri 13 Surakarta Untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat Pembelajar

Oleh: Fadlilah Nurul Fajri Handayani, S. Pd. (Mahasiswa PPG Prajabatan Bahasa Indonesia Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Sebelas Maret) Ed...