Kamis, 24 Agustus 2023

Strategi Mudah dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Bagi Pelajar.

Oleh: Hasih Hikmawati, S. Pd.
(Guru Bahasa Inggris SMAN 8 Surakarta - Jawa Tengah)

Edisi: Vol. 3 No. 3 Mei - Agustus 2023

Bahasa merupakan alat yang penting bagi manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi  menyampaikan ide, gagasan, dan  perasaan seseorang kepada orang lain. Bahasa Inggris merupakan salah satu Bahasa yang banyak sekali digunakan  diseluruh dunia. Hampir setengah dari populasi dunia dengan jumlah penutur yang hampir mencapai 2 milyar orang. Bahasa Inggris juga telah disepakati bersama sebagai salah satu Bahasa dunia atau Bahasa global, hal ini ditunjukkan melalui penggunaanya sebagai Bahasa resmi organisasi dunia PBB dan Bank Sentral Eropa, Bahasa kerja ASEAN dan banyak organisasi antar pemerintah yang lain.

Pentingnya Kompetensi Bahasa Inggris

Sebagai alat komunikasi dunia/global, Bahasa Inggris menjadi Bahasa yang sangat penting di era globalisasi sekarang ini. Mengapa penting? karena Bahasa Inggris sangat berkaitan erat dan mendominasi di berbagai bidang di kehidupan manusia ; mulai dari pendidikan, teknologi, ekonomi dan juga budaya. Jadi Bahasa Inggris amatlah vital bagi kemajuan bangsa dan kemampuan Bahasa Inggris sangatlah penting dalam dunia  ini yang makin kompetitif.

Oleh karenanya, bagi kita bangsa Indonesia sangatlah perlu untuk mempelajari Bahasa Inggris agar mempunyai kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dengan dunia internasional sesuai dengan kebutuhannya. Orang yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris dengan baik akan memiliki keuntungan yang lebih daripada yang tidak bisa berbahasa inggris. Sebagai contoh pelamar kerja yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris tentu saja akan memiliki nilai yang lebih daripada mereka yg tidak bisa berbahasa Inggris. Salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan warga negara dalam Bahasa Inggris adalah menjadikannya pelajaran di sekolah ada yang dimulai dari tingkat Tk dan SD dan menjadi mata pelajaran wajib di tingkat  SMP, SMA/SMK.

Meskipun sudah ada pelajaran Bahasa Inggris di sekolah, ternyata orang Indonesia yang mempunyai Bahasa Ibu yang berbeda masih merasa kesulitan dalam pelajaran ini . Ada beragam alasan mengapa banyak yang merasa kesulitan dalam mempelajari dan menguasi Bahasa Inggris. Bisa saja karena menggunakan metode yang tidak tepat dalam belajarnya. Kurangnya motivasi yang ada dalam diri dan kurangnya latihan dalam menggunakan Bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing bagi orang Indonesia.

Strategi Sukses Berbahasa Inggris

Ada beberapa strategi/cara untuk  meningkatkan  kemampuan Bahasa Inggris yang bisa diterapkan pelajar sekolah atau bisa juga dipakai untuk masyarakat umum yang ingin sukses belajar Bahasa Inggris. Memang membutuhkan  waktu dan ketekunan dalam proses pelaksanaannya.  Kunci utama untuk kegiatan ini adalah kemauan yang kuat untuk menerapkannya menjadi kebiasaan sehari-hari. 

Karena Bahasa Inggris memiliki empat keterampilan, maka strategi berikut juga mengarah pada pembiasaan kegiatan di empat keterampilan tersebut. Berikut 4 strategi untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris:

1. Listening

Listening skill/keterampilan mendengar merupakan keterampilan untuk menerima, memahami, hingga menerangkan pesan yang disampaikan oleh lawan bicara atau suara yang didengar. (Agustina Rosyida, 2022).

Keterampilan mendengar sangat penting dalam mempelajari Bahasa. Dengan mendengarkan bahasa target yang dipelajar, kita akan bisa menirukan dan mengungkapkan bahasa yang kita pelajari untuk berbicara secara  benar. Lakukanlah kegiatan ini secara teratur. Karena hal ini tidak hanya bisa mengasah pemahaman (comprehension), tetapi juga bisa juga memungkinkan kamu untuk berlatih pronunciation dan juga speaking. Banyak sekali sumber materi atau media yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan listening ; song, film or movies dari youtube, radio , podcast, audio books dan lain-lain. Ingatlah bahwa kamu tidak harus memahami semua kata yang kamu dengar. Dengarkan saja dan tirukan, tirukanlah kata-kata/kalimat yang kamu dengarkan. Atau ikutlah menyanyi kalau yang kamu dengarkan adalah sebuaah lagu ( song). Dengan menirukan berarti kamu berlatih pengucapan yang benar. 

2. Reading

Reading skill/keterampilan membaca adalah kemampuan seseorang memproses informasi yang didapat dari bacaan, memahami maksud dari bacaan dan mencocokkan informasi yang didapat dengan apa yang sudah diketahui pembaca. (fatimahtuz Zuhruh : 2022).

Membaca merupakan kegiatan yang paling sering dalam belajar bahasa dan jika kita ingin cepat terampil menggunakan Bahasa Inggris maka perbanyaklah membaca. Lakukan hal ini secara teratur. Kamu bisa mencari waktu luang disela kegiatan yang lain, bisa di rumah, disekolah atau sewaktu naik bus. Semakin banyak membaca, maka akan semakin meningkat pula kemampuan kosa kata ( vocabulary) grammar, dan kemampuan menulismu ( writing). 

Di awal- awal waktu mungkin kamu masih bergantung banyak pada kamus untuk memahami bacaanmu. Tetapi usahakan untuk jangan terlalu bergantung  padanya. Dengan membaca sehari satu halaman lama-lama akan meningkatlah kemampuan membacamu baik dari segi jumlah halaman maupun tingkat kesulitan bacaan. 

Pilihlah bahan bacaan yang menarik dan bisa membuatmu senang. Ada banyak jenis buku yang disediakan gratis di internet. Ada comic, cerpen, puisi, novel, magazine, newspaper, blog post, dll. 

3. Speaking

Speaking skill/keterampilan berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi bunyi Bahasa untuk mengekspresikan atau menyampaikan pikiran, gagasan, atau perasaan secara lisan yang ditujukan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara efektif.

Keterampilan  berbicara merupakan kunci sukses seseorang dalam hal komunikasi terutama dalam bergaul dengan masyarakat  dan  dalam bidang pekerjaan.  

Apabila ingin cepat bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar, maka segeralah berlatih menggunakannya. 

Mulailah dengan cara yang paling simple dan mudah yaitu: berlatih mengucapkan kalimat kalimatmu sendiri dalam hati. Lihatlah disekelilingmu, ada banyak hal yang bisa kamu buat menjadi kalimat. Contoh : kamu melihat seekor kucing tidur diatas bantal. Kamu bisa membuat kalimatnya dalam Bahasa Inggris “ A cat is sleeping on the cussion”. Its colour is black.” Etc.

Atau kamu bisa berlatih bicara dengan cara membaca buku dengan suara keras. Atau berlatih mngucapkan kata-kata yang ada dalam catatanmu dari hasil latihan membaca/reading. Hal ini bisa melatih otot-otot di indera pengucapannya agar cepat lancar dalam hal pronunciation. 

Belajarlah bagaimana cara bertanya dalam Bahasa Inggris seperti; “How do you say that in English?” , “Is it correct to say…?”, atau berlatihlah menggunakan small talk yang bisa kamu temukan melalui video didalam youtube. (small talk = ungkapan - ungkapan ringan untuk memulai sebuah percakapan). Tirulah dan ucapkanlah ungkapan – ungkapan yang diberikan di dalam video tersebut.

Untuk tingkat yang lebih lanjut lagi, segeralah untuk berinteraksi dengan pembicara yang sudah mahir  berbahasa inggris termasuk dengan native speaker (penututur asli). Ikutlah serta dalam diskusi – diskusi aktif di media online. Tuangkan ide mu dengan ikut berpartisipasi menuliskan komentar pada kolom komentar. Hal ini juga bisa mengasah kemampuan menulismu.

4. Writing

Keterampilan menulis/Writing skill adalah suatu kemampuan untuk menghasilkan atau menciptakan suatu catatan atau informasi dengan menggunakan aksara dalam bentuk tulisan untuk mengungkapkan ide, pendapat atau perasan seseorang sehingga orang lain bisa membaca atau menggunakanya.

Untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan cepat, maka segeralah untuk menulis dengan Bahasa Inggris secara rutin. Karena dengan rutin menulis maka akan mempertajam daya ingat tentang kosa kata. Sehingga penguasaan kosa kata (vocabularies) yang merupakan salah satu komponen Bahasa bisa juga meningkat.

Tuangkan ide idemu untuk menulis, tidak harus menulis sebuah karangan (essay) atau menulis artikel, tulislaah kalimat – kalimat yang menarik hatimu dan yang apa yang ada dipikiranmu. Jangan lupa untuk mengedit dan memperbaiki terus tulisanmu, karena mungkin saja ada tulisanmu yang salah tulis atau salah grammar. Kamu bisa mengunduh applikasi dari playstore  untuk mengecek penggunaan grammar. Luangkan beberapa menit saja dari seluruh waktumu untuk menggerakkan penamu. 

Carilah sahabat  yang berasal dari luar negeri, karena kamu bisa melatih menulis dengan mereka melalui face book , e-mail atau menggunakan media online yang lain. Dengan cara seperti itu kamu akan belajar banyak dengan berusaha untuk berkomunikasi dengan mereka yang mempunyai ketertarikan dan ide yang sama. 

Jika tidak suka dengan menulis surat, kamu bisa juga menyimpan tulisan-tulisanmu dalam sebuah buku Diary. Atau kamu bisa berlatih dengan menuliskan pesan pendek melalui messenger atau Whatsapp  kepada teman-temanmu yang juga sama-sama  tertarik untuk belajar Bahasa Inggris. 

Berusahalah juga untuk ikut aktif berpartisipasi dalam memberikan komentar di media media yang aktif melakukan diskusi. Jangan hanya menggeser layar komentar, kamu harus turut juga berkomentar menuangkan ide dan perasanmu.

Demikian empat strategi untuk bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Selamat mencoba semoga bisa cepat berhasil dan sukses. Ingat peribahasa mengatakan bahwa dengan latihan maka akan menjadi sempurna. “Practice makes perfect”. Keberhasilan membutuhkan waktu, ketekunan dan kesabaran.


Daftar Referensi :

  • Penguasaan Bahasa Asing, kunci unggul ASEAN dalam kompetisi global, 11 Desember 2020, www.kemdikbud.co.id
  • 10 Tips meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan Cepat, 11 mei 2022, www.wallstreet.com
  • langkah meningkatkan reading comprehension skil, Fatimatuz zahroh, 13 Mei 2022, https://lister.co.id/blog/simak-4-langkah-meningkatkan-comprehension skill//
  • https://www.komunikasipraktis.com/2019/09/keterampilan.berbicara-speaking-skill.html?m:1
  • https://www.britishcouncil.in.blog .Seven ways to improve your speaking skill (Reshimi UM), 18 Oktober 2021, brithiscouncil.in/blog/seven-simple –ways-improve-your-speaking skill
  • https://bobo.grid.id . Yessy Maulia, Selasa, 13 September 2022, bobo.grid.id/read/08347655/ayah-dan –ibu-ini-manfaat.belajar-bahasa-inggris-bagi-anak-di-era- modern
  • https://tipsbelajarbahasainggris.com. Herman Yudiono, 5 cara meningkatkan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris secara otodidak.
  • Everyday habits to improve your English. https://www.youtube.com//watch?v:680xlmfrHA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Implementasi Pembiasaan Literasi Di SMP Negeri 13 Surakarta Untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat Pembelajar

Oleh: Fadlilah Nurul Fajri Handayani, S. Pd. (Mahasiswa PPG Prajabatan Bahasa Indonesia Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Sebelas Maret) Ed...