Rabu, 16 Maret 2022

PENTINGNYA SEJARAH BAGI GENERASI MILENIAL

Edisi: Vol. 2 No. 2 Januari - April 2022
Oleh: Sukarmi,S. Pd. 
(Guru Sejarah di SMKN 2 Surakarta - Jawa Tengah)

Ilmu Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian di masa lampau. Sejarah adalah kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan manusia, yaitu menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia, mulai dari ilmu sejarah terbentuknya bumi, perubahan peradaban manusia dari masa ke masa, terbentuknya suatu negara yang merdeka dan berdaulat, hingga sejarah berdirinya bangunan kuno yang menjadi saksi suatu peristiwa. Dari berbagai sejarah yang ada, terdapat nilai-nilai yang menjadi pembelajaran tersendiri bagi masyarakat.Karena hal itulah, tidak heran jika sejarah menjadi salah satu subyek mata pelajaran yang selalu diberikan pada pelajar di setiap bangku sekolah. Mulai dari bangku SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Materi pelajaran sejarah yang diberikan pun beragam, sesuai dengan tingkatannya. Semakin tinggi jenjang pendidikan biasanya akan mendapatkan materi pelajaran sejarah yang lebih luas.

Manfaat Mempelajari Sejarah 

Bukan tanpa alasan, mempelajari sejarah dapat memberikan manfaat tersendiri diantaranya:

  • Mengetahui Peristiwa atau Kejadian di Masa Lampau

Manfaat mempelajari sejarah adalah untuk mengetahui secara detail dan benar tentang apa, siapa, kapan, dimana dan dampak dari peristiwa tersebut. Dengan begitu, kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai peristiwa atau kejadian tertentu.Sejarah mencakup banyak hal bukan hanya tentang penjajahan Indonesia tetapi juga perang dunia, peradaban Islam, revolusi industri dan lain sebagainya.

  • Menjadi Sumber Inspirasi dari Kisah atau Ceritanya
Kisah atau cerita sebuah peristiwa sejarah juga bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi seseorang bahkan sebuah negara. Misalnya Indonesia yang pernah dijajah selama ratusan tahun pasti menemukan inspirasi dari peristiwa bersejarah tersebut sehingga bisa bertindak lebih baik. Inspirasi yang dimaksud bisa dalam bentuk pemikiran atau tindakan, kejadian/peristiwa, seni, budaya dan karya lainnya. Cerita sejarah para pahlawan membela tanah air, juga bisa menjadi inspirasi yang luar biasa.
  • Bermanfaat bagi Profesi
Mempelajari sejarah juga merupakan sebuah profesi bagi beberapa sejarawan seperti guru, arkeolog, antropolog, filsuf, penulis buku sejarah dan lain sebagainya. Beberapa orang yang memiliki profesi yang berhubungan dengan sejarah wajib mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah di masa lampau. Misalnya seperti penulis buku yang harus menganalisa terlebih dahulu tentang kebenaran dan keabsahan peristiwa sejarah.
  • Sebagai Sarana Edukasi dan Pembelajaran
Sejarah merupakan salah satu media atau materi pembelajaran yang ada di sekolah dan menjadi sarana edukatif untuk pelajar. Belajar sejarah membuat Kita tahu dan mengerti tentang sejarah masa lalu dan siapa saja tokoh yang terlibat di dalamnya.Selain itu, juga berfungsi secara instructive secara teori memberikan pemahaman tentang generalisasi dan konsep dari peristiwa masa lalu.
  • Memberikan Kemampuan Analisa yang Baik
Informasi tentang peristiwa di masa lalu bisa didapatkan melalui peninggalan-peninggalan atau cerita dari narasumber. Namun, mempelajari dan mencari tahu tentang sebuah peristiwa sejarah tidak semudah yang dibayangkan.Peristiwa sejarah perlu di analisa dengan metodologi ilmiah tentang keabsahan ceritanya, sehingga bisa memberikan kemampuan Analisa yang lebih baik.
  • Sebagai Sarana Hiburan atau Rekreasi
Mempelajari sejarah juga bisa berfungsi sebagai sarana rekreasi atau hiburan karena dapat memberikan kesenangan dalam diri. Hal ini dikarenakan peristiwa sejarah akan membawa Kita berpetualang melintasi batas ruang dan waktu serta membayangkan tempat/kondisi di masa lalu.Selain itu, banyak pula beragam hiburan seperti seni rupa atau tulisan yang bisa dijadikan hiburan dan juga dipelajari. Peninggalan-peninggalan seperti prasasti dan lainnya bukan hanya dianalisa untuk mencari tahu keabsahan ceritanya, tetapi juga mempelajari seni bahasanya.Di masa lalu juga terdapat seni kidung atau puisi dari sastrawan sejarah yang bisa jadi sarana hiburan dan rekreasi serta bisa dipelajari.
  • Sebagai Pedoman Berbangsa dan Bernegara
Sejarah bisa dijadikan sebagai sumber ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana menjalankan politik dalam kehidupan bernegara. Peristiwa-peristiwa di masa lalu bisa dijadikan pelajaran untuk diambil ilmunya dan dijadikan sebagai pedoman bangsa.

Fungsi Mempelajari Sejarah 

Secara umum fungsi mempelajari sejarah adalah sebagai media untuk mengetahui peristiwa penting di masa lampau. Sedangkan secara khusus memiliki fungsi intrinsik yang hakiki melekat pada dirinya dan fungsi ekstrinsik dari luar.Fungsi intrinsik yaitu sebagai ilmu, sebagai media untuk mengetahui masa lampau dan sebagai profesi. Sedangkan fungsi secara ekstrinsik cakupannya lebih luas, antara lain:
  • Sebagai Pendidikan Moral
Dengan belajar sejarah banyak pendidikan tolak ukur moral yang bisa diambil dari kisah atau ceritanya. Sejarah mengajarkan tentang baik dan buruk, benar dan salah, berhak dan tidak berhak, pahlawan dan pengkhianat, beradab dan biadab.
  • Sebagai Pendidikan Penalaran
Belajar sejarah memberikan pendidikan nalar karena di dalamnya terdapat penjelasan tentang latar belakang, kronologis dan diakronis. Selain itu, juga erat dengan data atau fakta sehingga Kita harus berpikir kritis.
  • Sebagai Pendidikan Politik
Hal ini karena peristiwa-peristiwa di masa lampau juga berkaitan dengan kehidupan politik yang bisa dipelajari. Dengan begitu, belajar sejarah bisa mempelajari gerakan politik yang tepat untuk negara.
  • Sebagai Pendidikan Kebijakan
Peristiwa-peristiwa di masa lampau juga bisa dijadikan sebagai bahan rujukan untuk pendidikan kebijakan atau kebijaksanaan. Hal ini berkaitan dengan pengalaman kebijakan yang dilakukan di masa lalu.
  • Sebagai Pendidikan Perubahan
Dengan belajar sejarah, Kita bisa mengetahui peristiwa apa saja yang mendukung perubahan yang lebih baik. Dari sana Kita bisa belajar untuk melakukan perubahan dari waktu ke waktu.
  • Sebagai Pendidikan Masa Depan
Belajar sejarah membuat Kita sadar bahwa apa yang ditanam hari ini akan berbuah di masa depan. 

Indonesia adalah negara yang beraneka ragam dengan kekayaan sejarah dan budaya. Tetapi, pada saat ini masalah yang kita hadapi adalah bahwa kaum milenial tidak terlalu tertarik dengan sejarah. Sejarah seringkali dianggap membosankan dan tidak menarik, karena perkembangan zaman yang pesat, sejarah seolah-olah disangkal dan dilupakan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa sejarah identik dengan mempelajari masa lalu. Pasalnya, sejarah juga berperan penting dalam pendidikan generasi milenial. Sejalan dengan perkembangan zaman, antara  generasi milenial dan sejarah cenderung mengalami perkembangan yang bertolak belakang.

Generasi milenial di era global saat ini berpikir sangat realistis, sementara sejarah adalah peristiwa masa lalu, yang menurut mereka sudah berlalu dan berakhir. Tetapi sejarah juga menggambarkan masa lalu suatu bangsa, dan itu terkait dengan apa yang sudah dicapai, kejayaan, atau kemunduran. Bahkan lembaran hitam atau putih serta kesuksesan maupun kegagalan yang dialaminya di masa lampau.

Hal ini berarti bahwa sejarah  bisa dijadikan cermin komparatif  bagi generasi penerusnya, sehingga jika belajar dari sejarah maka tentunya bisa tau mana yang perlu digunakan, diperbaiki atau di tindak lanjut, karena sejarah juga merupakan komponen yang penting ,maka sebagai kaum millennials atau generasi muda, untuk mengenal pendiri bangsa melalui sejarah penting karena tidak akan mencintai bangsanya sendiri ketika tidak mengenal para pejuang terdahulu.

Sangat penting generasi muda mengetahui sejarahnya. Ibarat silsilah keluarga, kita harus tahu siapa leluhur kita. Oleh karena itu, kita juga harus mengenal siapa pendiri bangsa ini.

Banyak alasan mengapa kita harus mempelajari sejarah diantaranya:

  • Sejarah dapat membantu kita memahami orang dan masyarakat
  • Sejarah juga berkontribusi dalam pemahaman moral.
  • Sejarah juga memberikan identitas untuk mewujudkan warga negara yang baik.
  • Sejarah juga memberikan pengalaman dan masa depan yang lebih baik karena memberikan pengalaman tanpa harus merasakan langsung, bagaimana perjuangan dan penderitaan pasa saat itu.
  • Mengetahui budaya-budaya yang ada di Indonesia.

Maka dalam hal ini perlu dilakukan pengemasan yang tepat dalam menyampaikan sejarah bagi generasi milenial, agar mereka tertarik mempelajari sejarah.

Dalam hal ini ada terobosan baru agar generasi milenial tertarik mempelajari sejarah yaitu dengan cara menonton film tentang perjuangan. Nah, dari kita menonton film tentang perjuangan maka akan banyak pesan moral yang dapat memupuk nasionalisme, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan sikap mental seperti disiplin, berani, dan bertanggung jawab, serta dapat menghargai jasa para pahlawan

Dengan begitu, generasi muda akan mengetahui bagaimana peristiwa penting dan bersejarah di negaranya agar dapat menghargai perjuangan yang dilakukan para pahlawan di masa lalu.Sehingga nilai-nilai inilah yang dapat membangun rasa nasionalis dan mendorong setiap generasi melenial untuk melakukan kontribusi baik dalam kemajuan negara dan peradaban

Apa yang terjadi hari ini adalah hasil perjalanan yang terjadi di masa lalu. Untuk itu, tujuan sejarah di masa lalu merupakan pengalaman terpenting yang harus terus dipegang dan dipelajari untuk menjalani hari ini.

Di tengah era modernisasi saat ini, generasi milineal perlu melek sejarah dan memahami bagaimana pentingnya belajar sejarah. Bukan tanpa alasan, apa manfaat mempelajari sejarah sangatlah penting untuk kita bahas.

Sejarah dapat memberikan manfaat tersendiri, mulai dari perkembangan teknologi, identitas suatu masyarakat, hingga bagaimana memahami masalah yang terjadi saat ini.

Jadi, belajar sejarah memberikan pendidikan masa depan dan bagaimana cara mengatur diri bahkan negara agar masa depannya cerah, dan sejarah juga bagian dari proses mengenal diri sendiri, asal muasal dan segala sesuatu di sekitar kita. Belajar sejarah lebih dari sekedar mengetahui tanggal, bulan dan tahun sebuah peristiwa. Namun, kita akan mendapat manfaat berharga jika mampu menggali esensi dan makna dibalik peristiwa sejarah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Implementasi Pembiasaan Literasi Di SMP Negeri 13 Surakarta Untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat Pembelajar

Oleh: Fadlilah Nurul Fajri Handayani, S. Pd. (Mahasiswa PPG Prajabatan Bahasa Indonesia Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Sebelas Maret) Ed...