Senin, 03 Januari 2022

Penerapan 8 Indikatator Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Hambatan Pembelajaran Online

Edisi: Vol. 2 No. 2 Januari - April 2022

Oleh: Susana Marsini, S. Pd.
(Kepala Sekolah SDN Debegan Surakarta - Jawa Tengah)

Kepala sekolah atau pemimpin yaitu merupakan pemandu utama didalam suatu organisasi sekolah. Kepala sekolah sangat berperan dalam meningkatkan kinerja guru, karena kepala sekolah berperan dalam mengarahkan dan memotivasi bawahanya guna mencapai kinerja guru yang baik. Setiap kepala sekolah perlu memiliki gaya kepemimpinan. Malayu S.P.Hasibuan (2006 : 122) mengatakan bahwa “kepemimpinan partisipatif adalah seorang pemimpin yang melaksanakan kepemimpinanya yang dilakukan secara persuasif, menciptakan kerjasama yang serasi, menumbuhkan partisipasi dan loyalitas bawahanya. Pemimpin memberikan motivasi para pegawainya, agar para pegawai ikut merasa memiliki perusahaan, seperti falsafah, yaitu pemimpin adalah untuk bawahan,dan bawahan diminta untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan dengan memberikan informasi, saran-saran dan pertimbangan. Pemimpin menerapkan sistem manajemen terbuka (open management). Sedangkan gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya seorang pemimpin yang menghagai karakteristirk dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anggota organisasi kepala sekolah dalam melaksanakan kepemimpinanya haruslah menerapkan 8 indikator. Kepala Sekolah adalah sebagai pendidik, manager, administrator, supervisor, sebagai leader, sebagai inovator, dan sebagai motivator.

Penerapan 8 indikatator kepala sekolah dan Trik Menghadapi Hambatan Pembelajaran Online

1. Kepala Sekolah sebagai pendidik

Kepala sekolah bertugas membimbing guru, tenaga kependidikan dan peserta didik serta memberikan teladan kepada seluruh warga sekolah, guru maupun siswa. Kepala sekolah wajib melaksankan peranya sebagai edukator atau pendidik serta menjadi teladan bagi seluruh warga sekolah. Teladan artinya kepala sekolah sebagai pendidik akan menjadi pusat perhatian, artinya semua pandangan akan diarahkan ke kepala sekolah sebagai orang yang mewakili kehidupan sekolah dimanapun dia berada dan dalam kesempatan apapun. Di saat pembelajaran online kepala sekolah harus mampu melaksanakan perannya yaitu menjadi pendidik bagi keluarga sekolah di saat pandemi dengan sistem pembelajaran online

2. Kepala sekolah sebagai manajer

Kepala sekolah selalu membina dan merencanakan serta mengawasi segala kinerja guru dalam proses pembelajaran online agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan. Menurut wahjosumidjo (2011:52), manajer di suatu organisasi begitu diperlukan, karena suatu organisasi sebagai wadah mencapai tujuan organisasi dimana didalam organisasi berkembang berbagai macam pengetahuan, serta organisasi yang bisa menjadi tempat guna membina dan mengembangkan sumber daya karir manusia, harus memerlukan manajer yang mampu memikirkan perencanaan,  kemudian mengorganisasikan, serta memimpin dan mengendalikan supaya organisasi dapat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Dalam masa pandemi ini kepala sekolah harus cermat mengelola guru, staf, fasilitas, biaya, orang tua, dan siswa. Ia juga harus cermat menjalin hubungan dengan dinas tenaga kerja, dinas pendidikan, dinas kesehatan, kepala daerah, dan tokoh masyarakat.

3. Kepala sekolah sebagai administrator 

Kepala sekolah memiliki hubungan yang erat terhadap segala aktivitas yang ada disekolah, baik dari aktivitas guru maupun peserta didik. kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mengelola kurikulum, mengelola administrasi peserta didik, mengelola administrasi personalia, mengelola administrasi sarana dan prasarana, mengelola administrasi kearsipan dan mengelola administrasi keuangan.

4. Kepala sekolah sebagai supervisor 

Kepala sekolah harus melakukan pengawasan kinerja guru dalam proses pembelajaran online, kepala sekolah selalu mengawasi dan bertanggung jawab atas segala kinerja guru pada proses pembelajaran online, dari hasil sepervisi ini kepala sekolah dapat mengetahui kelemahan yang terjadi pada kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Salah satu tugas kepala sekolah ialah sebagai supervisor, menurut pendapat Sarwoto (1993:97), supervisor adalah seseorang di dalam organisasi yang bertanggung jawab terhadap kelompok kerjanya.Kemudian Kepala sekolah wajib memberikan pengarahan, membimbing, dan pengawasan terhadap pekerjaan yang di lakukan oleh tenaga pendidik agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik

5. Kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin 

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinanya tersendiri. Sejak tahun 2019 lalu dunia sedang dikejutkan dengan adanya virus yang mematikan, yaitu korona atau Covid-19. Masa pandemi memberi banyak perubahan kepada aspek kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Oleh karena itu, sistem pendidikan harus beradaptasi dengan virus korona. Sistem pendidikan di sekolah merupakan salah satu yang terkena dampak negatif dari meluasnya wabah virus korona. Setiap organisasi pendidikan harus memiliki pemimpin pendidikan. Kepemimpinan secara sederhana adalah merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengarui orang lain (Makawimbang, 2012:6). Kepala sekolah merupakan seorang pemimpin di sekolah. Dalam konteks organisasi pendidikan, kepemimpinan pendidikan diartikan sebagai proses mempengaruhi untuk menggerakkan pelaksana pendidikan sehingga tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya dapat tercapai secara efektif dan efisien. Keberhasilan lembaga pendidikan sangat bergantung kepada strategi kepemimpinan yang digunakan oleh pemimpin. Mengapa demikian? Karena ia merupakan pemimpin di lembaganya, dan harus mampu membawa lembaganya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Baca juga:  Belajar Mengenal Peta dan Komponennya melalui Metode Snowball Drilling Kepala sekolah menjalankan aktivitas manajerialnya berupa pengambilan keputusan pendidikan, keteladanan, komunikasi, motivasi dan pemberian pengarahan kepada guru yang akan ikut menentukan masa depan siswa di sekolah. Dalam rangka ikhtiar untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, pemerintah mengubah sistem pendidikan yang pada mulanya proses pembelajaran dilakukan tatap muka di sekolah, diganti menjadi pembelajaran dari rumah.

6. Kepala sekolah sebagai inovator 

Kepala sekolah harus bisa menjalin hubungan yang baik antar lingkungannya, mencari pemikiran baru, memberikan teladan, mengintegrasikan setiap kegiatan dan menciptakan suasana lingkungan kerja yang menarik dan inovatif. Motivator sangat berperan penting dalam peningkatan kinerja guru. Kepala sekolah juga berperan sebagai motivator bagi para tenaga kependidikanya. pendapat ahli yaitu, Kepala sekolah sebagai motivator harus memilik strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya. Mengarahkan semua guru untuk selalu menginovasi model pembelajarannya dan disesuaikan dengan karakter siswa dan lingkungannya.

7. Kepala sekolah sebagai motivator

Kepala Sekolah sangat berperan penting dalam peningkatan kinerja guru. Kepala sekolah juga berperan sebagai motivator bagi para tenaga kependidikanya. pendapat ahli yaitu, Kepala sekolah sebagai motivator harus memilik strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya. Membuat guru tetap bersemangat walau dengan mengajar jarak jauh.Selalu ikut serta memantau perkembangan baik negatif maupun positif dalam pembelajaran online

8. Kepala sekolah sebagai partisipan kepemimpinan partisipatif 

Kepala sekolah adalah seorang pemimpin yang melaksanakan kepemimpinanya yang dilakukan secara persuasif, menciptakan kerjasama yang serasi, menumbuhkan partisipasi dan loyalitas bawahanya. Kepala sekolah selalu hadir dan berpartisipasi aktif dalam setiap permasalahan yang dihadapi guru maupun siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Refleksi Pembelajaran Matematika Realistik dengan Geogebra dalam Pembelajaran Fungsi Eksponensial di SMAN 1 Boyolali

Edisi: Vol. 5 No. 1 September - Desember 2024 Penulis : Windi  Hastuti, S.Pd (Guru Matematika SMAN 1 Boyolali - Jawa Tengah) Keprihatinan sa...