Kamis, 03 November 2022

Tips Agar Unggahan Aksi Nyata di PMM Lolos Validasi dan Dapat Sertifikat

Edisi: Vol. 3 No. 1 September - Desember 2022

Oleh: Amin Muslih, S. Pd., M. Pd. 
aminmuslih93@dinas.belajar.id

(Pengawas Sekolah pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tenggah)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), pada hari Jumat, 11 Februari 2022, pukul 10.00 telah meluncurkan Merdeka Belajar episode ke lima belas yaitu Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar (PMM). PMM merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya. Sejak itu kesibukan BBPM, Dinas Pendidikan Provinsi, Cabang Dinas Pendidikan, Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten, Satuan Pendidikan, Guru dan Pengawas, mensosialisasi, melatih, melaksanakan, menatau, melaporkan progres PMM.

Guru lulus topik PMM masih rendah

Pengawas sekolah memiliki tanggung jawab dan berkewajiban dalam mengawal secara aktif pelaksanaan PMM di sekolah binaannya, Hal ini karena jika pelaksanaan PMM lancar dan berhasil maka implementasi kurikulum merdeka juga berhasil. Fakta dari pantau dashboard IKM dari waktu ke waktu terjadi perubahan yang cukup dinamis. Pantauan berdasarkan pada Jumlah Guru Login ke PMM, Jumlah Guru Menonton Video, dan Jumlah Guru Lulus Posttest, akan tetapi untuk Jumlah Guru Lulus Topik masih belum lancar dan jumlah guru yang lulus topik masih sedikit. Sampel hasil pemantauan selama satu tahun dari 3 sekolah binaan dengan jumlah 89 orang guru yang mempuyai akun belajar.id menyebutkan bahwa 89 guru (100%) telah login ke PMM, guru menonton video ada 84 (94%), guru telah Lulus Posttest ada 74 (83%), sedangkan guru yang lulus topik baru 25 (28%). Lulus topik adalah guru yang telah mengunggahan aksi nyata pada PMM dan lolos validasi. 

Tips membuat aksi nyata agar lolos validasi

Aksi Nyata merupakan aktivitas terakhir untuk menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri dan juga merupakan bentuk praktik pemahaman terhadap topik yang dipelajari dalam pelatihan mandiri Guru pada PMM. 

Ada dua jenis aksi nyata dari setiap topik di PMM yang dapat dipilih salah satu, yaitu implementasi kurikulum merdeka di dalam kelas atau desiminasi kurikulum merdeka kepada sesama guru. Berikut ini tips agar guru mudah dan berhasil lolos validasi PMM:

  1. Pastikan memilih aksi nyata yang paling dikuasai.
  2. Pastikan aksi nyata telah direalisasikan.
  3. Pastikan dokumen aksi nyata bukan hasil plagiasi,
  4. Pastikan telah didokumentasikan dan telah ada umpan balik, untuk aksi nyata yang dipraktikan di dalam kelas maka refleksi atau umpan baliknya minimal dari 5 siswa, jika aksi nyata adalah desiminasi, maka refleksi atau umpan baliknya dari sesama guru, minimal 5 orang guru; 
  5. Pastikan dukumen ungguhan lengkap dan jelas. Setelah unggah file aksi nyata juga jangan lupa untuk mengunggah lampirannya yaitu berupa dokumentasi aksi nyata serta refleksi atau umpan balik aksi nyatanya.
  6. Sabar menunggu dan banyak berdoa agar tim validasi dalam kondisi sehat, sempat dan meloloskan unggahan aksi nyata kita. 
Jika aksi nyata yang telah kita unggah belum lolos validasi, padahal sudah disusun sesuai dengan petunjuk maka dapat melakukan banding. Syaratnya adalah:
  • Aksi Nyata telah sesuai dengan panduan. 
  • Aktivitas yang dilakukan sudah sesuai dengan topik Aksi Nyata yang dipilih.
  • Sudah menyertakan dokumentasi dalam melakukan Aksi Nyata.
  • Sudah mendapatkan minimal satu umpan balik setelah Aksi Nyata diunggah.
Untuk melakukan banding bisa dilakukan melalui laman https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/10747409666969-Mengajukan-Banding-Terhadap-Hasil-Validasi-Aksi-Nyata

Apabila langkah demi langkah diatas dilakukan secara benar maka kita bisa mengunduh sertifikat hasil pelatihan mandiri di PMM sebagai tanda keberhasilan lulus topik. Demikian penjelasan tips agar unggahan aksi nyata di PMM lolos validasi. Semoga bermanfaat dan barokah untuk semua guru demi berhasilnya implementasi kurikulum merdeka. 


Referensi

  • https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/7105538434201-Apa-Itu-Aksi-Nyata-
  • https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14360097230105-Contoh-Umpan-Balik-dari-Objek-Aksi-Nyata-Sebagai-Syarat-Lulus-Validasi
  • https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/10747409666969-Mengajukan-Banding-Terhadap-Hasil-Validasi-Aksi-Nyata


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Refleksi Pembelajaran Matematika Realistik dengan Geogebra dalam Pembelajaran Fungsi Eksponensial di SMAN 1 Boyolali

Edisi: Vol. 5 No. 1 September - Desember 2024 Penulis : Windi  Hastuti, S.Pd (Guru Matematika SMAN 1 Boyolali - Jawa Tengah) Keprihatinan sa...