Jumat, 28 Oktober 2022

MODEL ROLE PLAY ‘HOST AND GUEST’ DENGAN KREASI MEDIA PLASTISIN UNTUK PEMBELAJARAN MATERI PEMBELAHAN SEL PADA SISWA KELAS 12 SMA NEGERI 1 BOYOLALI

Edisi: Vol. 3 No. 1 September - Desember 2022

Oleh: Ristanti Yustin
(Guru Biologi SMAN 1 Boyolali - Jawa Tengah)

Pemilihan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk siswa kelas 12 tidaklah mudah. Mengingat waktu yang sangat terbatas untuk menyelesaikan materi juga persiapan masuk ke jenjang perguruan tinggi. Media pembelajaran kreatif merupakan hal penting agar siswa bisa lebih mudah memahami materi yang dijelaskan. Pemilihan bahan plastisin berupa bahan yang menarik karena berwarna-warni dan mudah dibentuk. Materi pembelahan sel membutuhkan peragaan untuk model sel dan kromosom yang sesuai, sehingga bisa menggambarkan bentuk dan mudah dipahami.

Pembelajaran kreatif dan menyenangkan 
dengan Role Play 'Host and Guest' 

PJJ pada masa pandemi berakibat siswa belajar secara mandiri dari rumah, tanpa berinteraksi secara langsung dengan teman-temannya. Selama kurang lebih dua tahun, mereka terbiasa membaca materi dari laptop atau hand phone kemudian mengerjakan tugas-tugasnya. Bukan hal mudah untuk mengerti dan memahami materi yang diberikan oleh guru. Pembelajaran secara luring umumnya dapat dilakukan secara konvensional, yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Metode ini merupakan metode yang paling praktis dan ekonomis, tidak membutuhkan banyak alat bantu. Namun pembelajaran bagi siswa yang lama merasakan pembelajaran secara daring, perlu pendekatan yang memungkinkan antar siswa berinteraksi dan bekerja sama. Pembelajaran yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan menjadi alternatifnya.

Pembelajaran Role Play 'Host and Guest'

Di SMAN 1 Boyolali utamanya pada pelajaran Biologi pada materi pembelahan sel di kelas 12 menggunakan pembelajaran role play Host and Guest untuk membangkitkan semangat belajar  menyenangkan dan inovatif. Metode role playing merupakan pembelajaran berbentuk permainan gerak yang di dalamnya terdapat sistem, tujuan dan juga melibatkan unsur keceriaan. Beberapa keunggulan menggunakan metode role play adalah mampu menumbuhkan semangat serta rasa kebersamaan melalui pembelajaran yang menyenangkan. Pada pembelajaran dengan metode host and guest, grup dibagi dua sub grup, satu sebagai host (tuan rumah) dan satunya sebagai guest (tamu). 

Media presentasi plastisin siswa 
hasil pembelajaran model Guest and Host materi pembelahan sel 

Secara rinci laku pembelajaran role play 'Host and Guest' dilakukan pada materi Pemberlahan Sel di Kelas 12 SMAN 1 Boyolali Jawa Tengah adalah sebagai berikut :
  1. Guru menentukan skenario role play-nya.
  2. Siswa dibuat kelompok dengan anggota setidaknya 8 siswa tiap grup.
  3. Menjelaskan bagian materi yang akan dibahas, yaitu: pembelahan mitosis, pembelahan meiosis, gametogenesis pada tumbuhan, gametogenesis pada hewan.
  4. Memberikan kesempatan berdiskusi di masing-masing kelompok dengan membuat media plastisin yang disiapkan. Media plastisin digunakan membuat tiruan proses pembelahan sel sesuai tema di masing-masing grup.
  5. Masing-masing grup dibagi 2 sub grup, satu sebagai host (tuan rumah) dan satunya sebagai guest (tamu). Sesi 1, host (tuan rumah)  menjaga basecamp dan media sedangkan guest berkunjung ke grup yang lain. Tugas tuan rumah menjelaskan ke tamunya tentang urut-urutan pembelahan sel dengan penjelasannya. Sementara tugas guest (tamu) menerima penjelasan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Begitu terus sampai ke grup terakhir (3 kunjungan).
  6. Selanjutnya untuk sesi 2, sub grup berganti peran. Host jadi guest dan guest jadi host. Berkunjung ke grup lain secara bergantian, sama seperti sesi 1.
  7. Waktu berkunjung ke setiap grup sekitar 7-8 menit, diatur oleh guru. Sekaligus guru membuat penilaian sikap dan hasil kreasi media yang dibuat setiap grup.
  8. Setelah semua selesai, membuat kesimpulan bersama secara klasikal.
  9. Melakukan quis untuk evaluasi.

Pembelajaran yang dilakukan dengan metode dan model ini sangat dirasakan manfaatnya, diantaranya adanya interaksi antar siswa yang merangsang mereka untuk bekerja sama, belajar lebih keras untuk memahami materi, menghargai antar teman, bersikap jujur dan lebih kreatif dalam membuat karya dan presentasi. Pembelajaran dengan metode dan model seperti  ini bisa dilakukan untuk beberapa materi mata pelajaran biologi yang sesuai, misalnya sintesis protein dan bioteknologi. Penilaian dari guru yang otentik pun bisa dilakukan dengan mudah saat proses pembelajaran, mulai dari penilaian sikap siswa saat diskusi dan presentasi, penilaian psikomotor dari hasil pembuatan media pembelajaran dan penilaian kognitif dari hasil quis. 

Masih ada keterbatasan pada pembelajaran ini, yaitu saat kelompok membuat media bentuk-bentuk dengan plastisin membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Maka pembuatan dilakukan di luar jam kegiatan pembelajaran di sekolah. Mereka bisa melakukan tugas kelompok masing-masing di rumah.
Semoga contoh pembelajaran tersebut dapat membantu kegiatan pembelajaran yang lain dan bermanfaat bagi semuanya.


1 komentar:

  1. bagus sekali ibu, terima kasih sudah berbagi dan menambah referensi model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas supaya lebih menarik dan menyenangkan.

    BalasHapus

Featured Post

Refleksi Pembelajaran Matematika Realistik dengan Geogebra dalam Pembelajaran Fungsi Eksponensial di SMAN 1 Boyolali

Edisi: Vol. 5 No. 1 September - Desember 2024 Penulis : Windi  Hastuti, S.Pd (Guru Matematika SMAN 1 Boyolali - Jawa Tengah) Keprihatinan sa...