(Guru Biologi SMAN 1 Boyolali - Jawa Tengah)
Pemilihan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk siswa kelas 12 tidaklah mudah. Mengingat waktu yang sangat terbatas untuk menyelesaikan materi juga persiapan masuk ke jenjang perguruan tinggi. Media pembelajaran kreatif merupakan hal penting agar siswa bisa lebih mudah memahami materi yang dijelaskan. Pemilihan bahan plastisin berupa bahan yang menarik karena berwarna-warni dan mudah dibentuk. Materi pembelahan sel membutuhkan peragaan untuk model sel dan kromosom yang sesuai, sehingga bisa menggambarkan bentuk dan mudah dipahami.
PJJ pada masa pandemi berakibat siswa belajar secara mandiri dari rumah, tanpa berinteraksi secara langsung dengan teman-temannya. Selama kurang lebih dua tahun, mereka terbiasa membaca materi dari laptop atau hand phone kemudian mengerjakan tugas-tugasnya. Bukan hal mudah untuk mengerti dan memahami materi yang diberikan oleh guru. Pembelajaran secara luring umumnya dapat dilakukan secara konvensional, yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Metode ini merupakan metode yang paling praktis dan ekonomis, tidak membutuhkan banyak alat bantu. Namun pembelajaran bagi siswa yang lama merasakan pembelajaran secara daring, perlu pendekatan yang memungkinkan antar siswa berinteraksi dan bekerja sama. Pembelajaran yang efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan menjadi alternatifnya.
Pembelajaran Role Play 'Host and Guest'
Di SMAN 1 Boyolali utamanya pada pelajaran Biologi pada materi pembelahan sel di kelas 12 menggunakan pembelajaran role play Host and Guest untuk membangkitkan semangat belajar menyenangkan dan inovatif. Metode role playing merupakan pembelajaran berbentuk permainan gerak yang di dalamnya terdapat sistem, tujuan dan juga melibatkan unsur keceriaan. Beberapa keunggulan menggunakan metode role play adalah mampu menumbuhkan semangat serta rasa kebersamaan melalui pembelajaran yang menyenangkan. Pada pembelajaran dengan metode host and guest, grup dibagi dua sub grup, satu sebagai host (tuan rumah) dan satunya sebagai guest (tamu).
hasil pembelajaran model Guest and Host materi pembelahan sel
- Guru menentukan skenario role play-nya.
- Siswa dibuat kelompok dengan anggota setidaknya 8 siswa tiap grup.
- Menjelaskan bagian materi yang akan dibahas, yaitu: pembelahan mitosis, pembelahan meiosis, gametogenesis pada tumbuhan, gametogenesis pada hewan.
- Memberikan kesempatan berdiskusi di masing-masing kelompok dengan membuat media plastisin yang disiapkan. Media plastisin digunakan membuat tiruan proses pembelahan sel sesuai tema di masing-masing grup.
- Masing-masing grup dibagi 2 sub grup, satu sebagai host (tuan rumah) dan satunya sebagai guest (tamu). Sesi 1, host (tuan rumah) menjaga basecamp dan media sedangkan guest berkunjung ke grup yang lain. Tugas tuan rumah menjelaskan ke tamunya tentang urut-urutan pembelahan sel dengan penjelasannya. Sementara tugas guest (tamu) menerima penjelasan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Begitu terus sampai ke grup terakhir (3 kunjungan).
- Selanjutnya untuk sesi 2, sub grup berganti peran. Host jadi guest dan guest jadi host. Berkunjung ke grup lain secara bergantian, sama seperti sesi 1.
- Waktu berkunjung ke setiap grup sekitar 7-8 menit, diatur oleh guru. Sekaligus guru membuat penilaian sikap dan hasil kreasi media yang dibuat setiap grup.
- Setelah semua selesai, membuat kesimpulan bersama secara klasikal.
- Melakukan quis untuk evaluasi.
bagus sekali ibu, terima kasih sudah berbagi dan menambah referensi model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas supaya lebih menarik dan menyenangkan.
BalasHapus