(Guru Informatika dan Produktif Multimedia SMKN 3 Surakarta - Jawa Tengah)
Edisi: Vol. 2 No. 3 Mei - Agustus 2022
Di era digitalisasi, teknologi memiliki peran utama dalam segala bidang. Bidang pendidikan misalnya memiliki potensi besar sebagai upaya meningkatkan semangat dan minat belajar siswa. Banyak penelitian membuktikan dengan memadupadankan teknologi dalam pembelajaran hasil belajar siswa pun meningkat. Untuk itu memang menjadi tugas guru untuk mengupgrade diri dan menerapkan pembelajaran berbasis teknologi. Terutama pembelajaran informatika, siswa harus mendapatkan contoh kongkret dalam pembelajaran yang diberikan guru. Semakin kongkret contoh diberikan, hasil belajar siswa pun akan meningkat sesuai harapan.
Pembelajaran berbasis teknologi ini sering disebut pembelajaran berbasis TPACK. Pembelajaran TPACK merupakan pengetahuan seorang guru yang harus berisi tentang teknologi, pedagogi dan konten (Koehler & Mishra ,2009: 66). Penggunaan TPACK dalam pembelajaran ini pun mampu menintegrasikan pedagogik dan konten yang relevan dengan materi dan karakteristik siswa. Pembelajaran Informatika diharapkan mampu mendorong semangat belajar peserta didik dan membuat minat belajar mereka semakin meningkat. Menurut Koehlar dan Mishra, terdapat 7 unsur TPACK yang kemudian disebut dengan 7 domain pengetahuan, antara lain:
1. Pedagogical Knowledge (PK) atau Pengetahuan Pedagogik
Unsur ini berisi pengetahuan yang harus dikuasai guru dalam pembelajaran, seperti metode mengajar, pengelolaan kelas, perencanaan pembelajaran, penilaian kegiatan siswa, dan sebagainya.
2. Content Knowledge (CK)
CK berkaitan dengan substansi materi yang harus dikuasai guru dalam pembelajaran. Penguasaan materi seorang pendidik akan berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada materi yang diajarkan.
3. Technology Knowledge (TK)
Unsur ini menjelaskan terkait pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran. Teknologi yang ternyata bisa dimanfaatkan dalam proses komunikasi, pengolahan data siswa, kegiatan belajar, hingga alat untuk menunjang produktivitas guru.
4. Pedagogical Content Knowledge (PCK)
PCK fokus pada proses pembelajaran yang nantinya akan dipilih guru pada materi yang sedang diajarkan. Unsur PCK ini memuat tentang pemilihan metode mengajar, rencana pembelajaran, hingga fasilitas pendukung pembelajaran.
5. Technological Content Knowledge (TCK)
Unsur ini merupakan pengetahuan tentang pengaruh teknologi pada suatu disiplin ilmu pengetahuan tertentu. Artinya, bagaimana dan sebesar apa pengaruh teknologi pada perkembangan suatu disiplin ilmu pengetahuan.
6. Technological Pedagogical Knowledge (TPK)
Unsur ini memuat hubungan antara teknologi dan proses pembelajaran. Melalui TPK ini guru bisa memahami kelebihan serta kekurangan teknologi dalam pembelajaran untuk setelahnya dijadikan bahan evaluasi.
7. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)
Unsur yang terakhir adalah TPACK itu sendiri, yang merupakan integrasi antara ketiga komponen, yaitu teknologi, pedagogik, dan konten pembelajaran. Di era serba digital seperti saat ini, guru memang dituntut untuk cakap dalam mengintegrasikan ketiganya. Hal ini agar tidak ada istilah guru yang ketinggalan zaman. Terlebih, sudah banyak beredar platform penunjang pembelajaran yang bisa digunakan secara online (e-learning), salah satunya yang bisa digunakan adalah Ujione.
Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan TPACK
- Pertama, guru terlebih dulu menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa dilanjut dengan memberi motivasi sebelum pembelajaran dimulai.
- Guru menyampaikan poin-poin materi yang akan disampaikan kepada siswa melalui bantuan teknologi, seperti melalui slide power point.
- Saat ini sedang diupayakan pembelajaran berbasis student center sehingga diharap siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Hal ini bisa wujudkan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil ataupun besar yang sebelumnya bisa dikomunikasikan terlebih dahulu melalui grup whatsapp. Ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan kelompok sehingga tidak ada waktu belajar yang terbuang.
- Guru memulai kegiatan pembelajaran dan mempersilahkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses tersebut.
- Setelah pembelajaran selesai, selanjutnya guru melakukan evaluasi pembelajaran. Apakah ada hal-hal yang perlu diperbaiki, ditingkatkan, atau dihilangkan.
- Untuk meningkatkan semangat belajar, guru bisa memberikan penghargaan yang kepada siswa yang telah mengikuti pembelajaran dengan baik.
Dengan menerapkan TPACK dalam pembelajaran informatika ini, hasil belajar siswa pun meningkat. Akan tetapi, perlu persiapan matang untuk menerapkan pembelajaran berbasis TPACK ini agar hasil yang diperoleh maksimal.
Referensi:
- Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education (CITE Journal), 9(1), 60-70
Tidak ada komentar:
Posting Komentar