Senin, 01 Agustus 2022

PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL PLANNER UNTUK PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI

oleh: Mukhamad Khasan Tiarani, S.Kom
(Guru Informatika SMAN 7 Surakarta - Jawa Tengah)

Edisi: Vol. 2 No. 3 Mei - Agustus 2022

Pandemi Covid-19 berdampak sangat negatif terhadap dunia pendidikan. Ini telah mempengaruhi 87,6% dari total pelajar yang terdaftar di dunia, dengan 1,6 miliar siswa putus sekolah . Di sisi lain, ini telah menyebabkan meroketnya pembelajaran jarak jauh dan adopsi teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang unik.

Berbagai teknologi pendidikan berbasis digital mulai diadopsi ketika Pandemi Covid melanda dunia. Beberapa teknologi pembelajaran tersebut diantaranya adalah:

1. Kursus Online

Massive Open Online Courses (MOOCs)  juga mendapatkan popularitas sebagai sarana untuk memperoleh pendidikan tinggi. Pelajar dewasa, khususnya, menggunakan pembelajaran ini, yang gratis bagi siapa saja yang memiliki komputer, untuk meningkatkan keterampilan mereka atau mempelajari yang baru untuk mengubah pekerjaan profesional mereka. Dari Februari hingga Maret 2020, Udemy mencatat peningkatan pendaftaran sebesar 425% . Bakat profesional (misalnya, Adobe Illustrator, gambar teknik) dan konten berorientasi anak, seperti melukis dan menghitung, adalah salah satu pembelajaran paling populer di platform ini. Startup edtech mengalami peningkatan penjualan dari tahun ke tahun dari Maret hingga Mei 2020. Bahkan beberapa MOOC seameo, LinkedIn selama pandemi mengalami peningkatan jumlah peserta kurus online

2. Gamifikasi 

Gamifikasi dalam pendidikan bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam konteks pendidikan dengan menggabungkan fitur desain game seperti bercerita, pemecahan masalah, lencana, level, dan poin. Pendidik memotivasi siswa untuk menghadapi dan mencapai berbagai kesulitan dan tujuan dengan merancang pelajaran seperti permainan. Ini mendorong partisipasi siswa dan dapat membantu siswa menyimpan informasi dengan lebih berhasil. Ini juga membantu mereka menyusun kembali subjek yang mungkin mereka anggap rumit atau tidak menarik sebagai hal yang menarik dan menyenangkan.

3. VR dan AR  

Seseorang dapat menjelajahi lingkungan belajar 3D imersif yang dibuat menggunakan virtual reality (VR). Di sisi lain, augmented reality (AR) menempatkan fitur digital seperti grafik, suara, dan teks ke lingkungan pengguna. Kedua teknologi tersebut dapat digunakan secara terpisah atau bersama-sama di dalam kelas. Realitas virtual dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran dan keterlibatan dengan memungkinkan siswa mengalami secara langsung replikasi virtual dari apa yang sedang dipelajari. Bayangkan betapa imersifnya pembelajaran di kelas.

Siswa dapat menggunakan Google Ekspedisi untuk mengikuti lebih dari 900 tur realitas virtual, termasuk tur tujuh keajaiban dunia dan Great Barrier Reef . Ini juga memberi pengguna akses ke lebih dari 100 tur augmented reality dengan tema mulai dari Shakespeare hingga magnetisme, sejarah seni, dan botani.

Di Indonesia penggunaan VR dan AR dalam sektor pendidikan sudah mulai, terbukti banyak sekali AR tentang pembelajaran struktur organ manusia, bahkan VR sudah digunakan di lever Perguruan Tinggi sebagai sarana pengenalan atau orientasi kampus, seperti ITB yang sudah memiliki virtual Tour lengkap (https://www.itb.ac.id/petakampus/).

4. Digital Planner  (Perencana Digital) 

Gambar: Perangkat Digital Planner
(Sumber : https://friday.app/p/digital-planners)

Siswa harus menggunakan perencana digital karena akan membantu mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar modern baik dalam penjadwalan maupun proses. Lebih banyak proses akan menjadi numerik dalam waktu dekat karena teknologi pasti akan berperan dalam masyarakat masa depan. Ini menjelaskan mengapa anak-anak harus terbiasa dengan alat-alat teknis sejak dini. 

Pemanfaatan Digital Planner dalam pembelajaran

Perencana digital berbasis cloud  dapat membantu instruktur dan orang tua untuk melacak kemajuan siswa dan memastikan mereka berada di jalur yang benar. Dengan melihat laporan pembelajar yang diaktualisasikan, perencana digital dapat membuat perubahan yang diperlukan pada konten e-learning dan bahkan merancang pengalaman belajar yang dipersonalisasi untuk masing-masing siswa berdasarkan kinerja mereka. 

Tujuan akhir dari setiap sekolah virtual adalah menyediakan lingkungan belajar yang lebih baik. Lebih dari sekadar lingkungan belajar virtual, perencana digital berkontribusi pada pengalaman belajar yang lebih komprehensif. Perencana sekolah  memungkinkan pengguna untuk mengelola sendiri, mengambil inisiatif, dan menangani masalah baik di dalam maupun di luar kelas. Siswa lebih mungkin untuk berhasil ketika mereka diberi instruksi yang jelas untuk diikuti. Perencana digital mencakup pelacakan kemajuan dengan template yang dapat disesuaikan, dan perincian tugas langkah demi langkah, membuatnya lebih mudah untuk tetap teratur dan merencanakan kelas. Berikut ini beberpa aplikasi digital planner yang bisa untuk dimanfaatkan:


Gambar: Fitur pada ClickUp Digital Planner,
(Sumber https://clickup.com/)


  • ClickUp Digital Planner, memiliki fitur didalamnya antara lain (1) perencana harian untuk yang terintegrasikan dengan kalender siswa,dan aplikasi tugas lainnya. (2) sistem keamanan yang bisa  blokir gangguan dan membantu untuk tetap fokus dalam rencana kerja (3) telekonferen dengan video dan suara, dll 
  • Passion Digital Planner,dengan fitur: memiliki versi kertas yang dapat dicetak, dalam format  PDF yang menyenangkan dan sederhana dan dapat Siswa unduh secara gratis melalui akun e-mail siswa. Pilihan mereka termasuk PDF perencana bulanan tanpa tanggal, tata letak harian dengan jam sehari untuk penjadwalan, daftar tugas ekstra , dan pelacak kebiasaan. Passion Digital Planner juga memiliki unduhan gratis untuk perencanaan jangka panjang, seperti lembar refleksi, perawatan diri, pelacak kalori, dan lainnya
  • GoodNotes Digital Planners, sebuah aplikasi pencatat di mana Siswa dapat menulis catatan dengan tangan untuk cara yang lebih imersif dalam mencatat apa yang muncul di hari Siswa. Ini dapat digunakan sebagai perencana digital yang hebat, untuk menulis semua tugas dan rencana yang ingin Siswa selesaikan sepanjang hari. Siswa dapat mengatur semua catatan Siswa dengan menggunakan folder, dan bahkan menyinkronkannya ke perangkat lain sehingga Siswa selalu dapat membawanya. GoodNotes adalah aplikasi fleksibel tempat Siswa dapat melakukan banyak hal seolah-olah Siswa sedang menulis di atas kertas.
  • Focus Course Digital Planner, aplikasi perencana harian ini dengan featur interaktif untuk merencanakan hari siswa. Dengan perencana ini siswa akan dapat menuliskan semua tugas dan melihat dengan cara terbaik untuk mengatur waktu yang siswa miliki. Perencana ini adalah PDF yang dapat siswa gunakan langsung di iPad. Tuliskan tujuan siswa dan lihat proyek yang dapat siswa lakukan selama bulan yang berbeda.
  • Planners Collective Ultimate Digital Planner, sebuah aplikasi yang banyak memiliki fitur hebat seperti pelacak kebiasaan dan suasana hati, pelacak proyek, daftar tugas, perencana syukur, dan banyak lagi. Ada 8 perencana untuk dipilih, dan banyak halaman produktivitas untuk dijelajahi, To- Do Lists, Goal Tracker, Challenge Tracker, Ideas Sketch, Vision Board, Project Planning.
  • MyDailyPlanners,terdiri dari perencanaan harian untuk tugas dan tugas sehari-hari, halaman mingguan, dan halaman bulanan. Siswa dapat mengakses hari-hari tertentu di halaman mingguan dan bulanan dengan mengklik tanggal. Perencana ini minimal untuk navigasi dan penggunaan yang mudah. 

Beberapa aplikasi perencana digital daiatas membantu siswa mencapai tujuan mereka dengan mengungkapkan tantangan dan tren yang dapat menghambat kemajuan mereka. Selain itu, perencana sekolah membantu anak-anak mengembangkan kebiasaan belajar yang kuat, belajar lebih efektif, dan mendapatkan kepercayaan diri saat mengerjakan rencana proyek yang sulit. Semua ini adalah sumber daya yang sangat baik untuk membantu siswa belajar lebih efektif.

Apa artinya ini bagi masa depan pembelajaran?

Dalam hal inovasi teknologi, sektor pendidikan tertinggal, dan peristiwa seperti Covid-19 menunjukkan inefisiensi dalam lanskap pendidikan. Satu hal yang pasti untuk masa depan pembelajaran adalah bahwa education technology - edtech dan digitalisasi memiliki potensi untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa secara dramatis .

Selain memungkinkan transisi yang lebih lancar setelah pembelajaran jarak jauh, teknologi juga dapat membantu menyediakan solusi pembelajaran yang disesuaikan serta cara baru dan menarik bagi siswa untuk berpartisipasi di sekolah. Kita dapat mengharapkan penggunaan teknologi yang lebih besar dalam pendidikan di era pasca-covid, terutama dalam bentuk hibrida yang menggabungkan pengajaran di kelas dengan pendekatan digital seperti siaran langsung dan realitas virtual. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Refleksi Pembelajaran Matematika Realistik dengan Geogebra dalam Pembelajaran Fungsi Eksponensial di SMAN 1 Boyolali

Edisi: Vol. 5 No. 1 September - Desember 2024 Penulis : Windi  Hastuti, S.Pd (Guru Matematika SMAN 1 Boyolali - Jawa Tengah) Keprihatinan sa...