Jumat, 17 Desember 2021

Pentingnya Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh: Arwahyu Sugito, M. Kom.
(Guru TIK SMAN 1 Wanadadi Banjarnegara - Jawa Tengah)

Edisi: Vol.2 No.1 September - Desember 2021

Pembelajaran Jarak Jauh menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik untuk mendidik siswanya. Guru perlu memikirkan metode-metode belajar yang baru supaya pembelajaran tetap berjalan lancar dan efektif. Beruntungnya, pada masa sekarang perkembangan teknologi sangat pesat. Adanya teknologi dapat membantu guru dalam menjaga kelancaran dan keefektifan pembelajaran.

Penggunaan teknologi cukup diperlukan untuk menjaga kelancaran pembelajaran yang tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka.Karena dengan adanya teknologi, komunikasi jarak jauh antar guru dan siswa menjadi lebih mudah. Dalam proses pembelajaran, teknologi juga berperan dalam membantu memudahkan guru memberikan bahan pembelajaran. Ciri khas teknologi yang mudah dan praktis dapat memudahkan siswa dalam mendapatkan materi pembelajaran dan mengakses referensi belajar yang melimpah.

Guru dan siswa dapat memanfaatkan berbagai macam aplikasi untuk mendukung kelancaran proses belajar secara daring. Beberapa aplikasi tersebut di antaranya: Google Classroom; layanan komunikasi video seperti Google Meet dan Zoom; Microsoft Teams; WhatsApp; dan YouTube. Aplikasi tersebut dapat membantu guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang lancar dan efektif meski harus belajar secara daring dari jarak jauh.

Beberapa aplikasi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Setiap aplikasi memiliki peran dalam kegiatan pembelajaran. Google Classroom berperan sebagai aplikasi yang menyediakan ruang belajar daring. Pada aplikasi buatan Google yang satu ini guru dapat menyampaikan materi dan penugasan untuk siswadi masing-masing kelas. Siswa dapat mengakses materi dan mengunggah hasil tugas mereka pada aplikasi ini. Berbeda dengan fungsi aplikasi yang meberikan layanan komunikasi video seperti Google Meet dan Zoom. Kedua aplikasi tersebut berfungsi untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran daring secara interaktif melalui komunikasi video. Dengan aplikasi tersebut, siswa dapat memperhatikan penjelasan materi dari guru secara tatap muka meski dari layar gadget masing-masing. Pada jenis aplikasi tersebut, materi dari guru dapat disampaikan dengan menggunakan dokumen presentasi, video, gambar, maupun suara. Guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif namun tetap menyenangkan dengan aplikasi layanan komunikasi video seperti ini.

Guru juga dapat memanfaatkan Microsoft Teams untuk tetap berkomunikasi dan membantu siswanya dalam kegiatan pembelajaran. Microsoft Teams memungkinkan guru untuk membagikan file materi maupun tugas dan mengawasi perkembangan siswa melalui penugasan-penugasan yang diberikan. Aplikasi WhatsApp juga berperan untuk kelancaran komunikasi antar guru dan siswa. Saat ini aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi komunikasi secara daring yang paling banyak digunakan. Hampir setiap siswa kini menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat. Sehingga guru juga dapat menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi dengan siswanya. Guru dapat berkomunikasi dan menyampaikan informasi melalui WhatsApp baik secara pribadi maupun grup. WhatsApp juga memungkinkan guru maupun siswa untuk mengirim dokumen, gambar, video, maupun suara. Aplikasi ini memudahkan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar. Sedangkan melalui YouTube guru dapat mencari referensi belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa. Guru dapat membagikan tautan video YouTube kepada seluruh siswa sehingga siswa dapat belajar dari video yang dibagikan oleh guru.

Sayangnya, masih banyak guru maupun siswa yang belum bisa merasakan manfaat dari teknologi yang ada saat ini. Penyebabnya baik karena gagap teknologi, belum memiliki fasilitas teknologi yang dibutuhkan, maupun karena terkendala jaringan. Hal itu membuat mereka tidak bisa menjangkau aplikasi-aplikasi atau media pembelajaran daring yang dapat membantu kelancaran kegiatan belajar. Akibatnya, seringkali kegiatan belajar harus tersendat karena terkendala banyak hal.

Namun perlu diketahui bahwa cara kita dalam menggunakan teknologi perlu diperhatikan. Teknologi yang kita miliki dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi diri kita ketika kita memanfaatkan kecanggihannya dengan benar dan bijak. Cara yang benar dan bijak misalnya dengan menggunakan teknologi sebagai sarana belajar dan mengakses sumber-sumber pengetahuan. Bukan untuk mengakses hal-hal yang kurang perlu dan tidak memberikan dampak baik bagi diri kita. Dengan mengakses sumber pengetahuan, kita dapat lebih mudah dalam memperluas pengetahuan kita. Sesekali menggunakan teknologi sebagai hiburan juga sebenarnya boleh saja, namun berusahalah untuk tidak terlalu berlebihan sehingga dapat membuat kita lupa bahwa teknologi dapat dimanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat. Teknologi berpengaruh cukup baik jika kita menggunakannya dengan baik pula, terutama dalam kegiatan belajar.

Teknologi benar-benar berperan penting dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh seperti sekarang ini. Kegiatan belajar dapat terlaksana dengan lancar dan efektif meski terkendala jarak yang jauh berkat adanya teknologi dan kemampuan berteknologi. Teknologi juga dapat menyediakan referensi belajar dan sumber belajar yang melimpah bagi siswa. Jika siswa dan guru memiliki teknologi yang dibutuhkandan mampu memanfaatkannya dengan baik, berbagai kemudahan akan dapat dirasakan saat Pembelajaran Jarak Jauh berlangsung. Guru dapat mengawasi perkembangan siswa dan memberi materi pembelajaran kepada siswa di manapun. Dan siswa akan mendapat  kemudahan dalam mengakses materi pembelajaran dari manapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Refleksi Pembelajaran Matematika Realistik dengan Geogebra dalam Pembelajaran Fungsi Eksponensial di SMAN 1 Boyolali

Edisi: Vol. 5 No. 1 September - Desember 2024 Penulis : Windi  Hastuti, S.Pd (Guru Matematika SMAN 1 Boyolali - Jawa Tengah) Keprihatinan sa...