Selasa, 30 November 2021

MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA MELALUI GOOGLE MEET

Oleh: SINUNG SRI MULYANINGSIH
(Guru PPKn di SMA N 6 Surakarta - Jawa Tengah)

Edisi: Vol.2 No.1 September - Desember 2021

Pembelajaran jarak jauh masih dipakai sampai saat ini, dimana pembelajaran jarak jauh hanya berupa penugasan dan presensi di aplikasi whatshapp anggota group kelas. Pembelajaran seperti ini kurang menumbuhkan rasa percaya diri, justru malah mengakibatkan turunnya daya berpikir peserta didik, karena peserta didik hanya melakukan presensi dan 'copy-paste' tugas dari teman-temannya. Hal ini mengakibatkan resah para guru maupun orang tua. Mengingat  dengan aplikasi whatshapp anggota group, kurang mendukung rasa kemandirian peserta didik maka diperlukan alternatif pembelajaran yang lebih baik.

Guru perlu melakukan transformasi aplikasi dari whatshapp anggota group ke google meet dipadukan dengan google form dan google classroom. Aplikasi Google Meet merupakan aplikasi dari Google yang fokus menyediakan layanan untuk kegiatan live video atau yang dikenal dengan istilah video conferences 

Alasan pembelajaran beralih dari aplikasi whatshapp anggota group kelas ke google meet yang dipadukan dengan google form dan google classroom adalah; agar pembelajaran terpantau dan menumbuhkan kemandirian peserta didik. Kemandirian adalah perilaku mampu berinisiatif, mampu mengatasi hambatan / masalah, mempunyai rasa percaya diri dan dapat melakukan sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain (Maryam.2015). Tidak dapat dipungkiri bahwasannya pembelajaran online selama Pandemi Covid-19 memang menuntut peserta didik untuk mewujudkan kemandirian belajar pada dirinya.  

Untuk menumbuhkan kemandirian peserta didik perlu suatu solusi, untuk membantu siswa menanamkan kemandirian belajar pada dirinya, sehingga proses pembelajaran online dapat secara efektif terlaksana layaknya pembelajaran offline. Dengan Pembelajaran Jarak Jauh memanfaatkan google meet agar bisa menumbuhkan sifat kemandirian belajar dalam diri peserta didik sebagai penunjang aktivitas belajar selama di rumah. untuk menumbuhkan kemandirian belajar dalam diri siswa selama pelaksanaan pembelajaran online pada masa pendemi Covid-19. Selama pembelajaran dengan google meet peserta didik diwajibkan untuk mengaktifkan kamera. Dengan kamera aktif maka guru dapat menanamkan keaktifan, kemandirian, inisiatif, tanggung jawab, percaya diri, mampu menyelesaikan masalah dan mengerjakan tugas secara mandiri sehingga peserta didik tidak tergantung pada orang lain.

Dengan demikian apabila ada jadwal pembelajaran peserta didik sudah muncul kesadarannya untuk mengikuti Pembelajaran jarak jauh dengan baik, tugas-tugas dapat terselesaikan tanpa harus copas dari teman-teman. 

Setelah melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan aplikasi google meet yang dipadukan dengan google form dan google classroom, peserta didik mengalami perubahan yang signifikan hal ini dapat dilihat dari presensi daftar kehadiran peserta didik yang sebelumnya yang rendah kemudian mengalami peningkatan. Rasa percaya diri  semakin lama juga mengalami peningkatan dengan banyaknya peserta didik yang berani bertanya maupun menjawab pertanyaan baik dari guru maupun dari peserta didik lainnya. Penggunaan google meet yang dipadukan dengan google form dan google classroom juga menumbuhkan kemandirian peserta didik dalam mendalami materi dan menyelesaikan tugas-tugas secara mandiri.


9 komentar:

  1. Terimakasih atas paparannya. Sangat menginspirasi para guru lainnya dalam mengoptimalisasikan G meet pada pembelajaran siswa.. Ditunggu artikel-artikel lainnya ya. Proud of you. Good

    BalasHapus
  2. Sangat menarik mengoptimalkan penggunakan Google meet sehingga siswa dan guru bisa mengeksplore pelajaran seperti pembelajaran tatapmuka sebelumnya. Membantu siswa yang mungkin susah memahami materi apabila belajar dirumah sendiri. Dengan Google meet guru dapat memberikan materi secara optimal juga.

    BalasHapus
  3. Mks,diskripsi paparannya....menambah inspirasi dan wawasan guru khususnya mengoptimalkan penggunaan google meet

    BalasHapus
  4. Cettra Shandilia L. A.2 Desember 2021 pukul 10.53

    Setuju sekali, google meet membantu kita tatap muka di dunia maya, menjadi anak dan guru tetap berinteraksi di masa pandemi.

    BalasHapus
  5. Iya mb...bagus...sesuai pendidikan karakter mb...kemandirian

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas paparannya, sangat menginspirasi

    BalasHapus
  7. Bagus sekali bu Sinung, dengan google meet guru dan siswa memperoleh pembelajaran bermakna di era pandemi.

    BalasHapus
  8. Arintan Sulistyo Dewi,S.Pd.5 Desember 2021 pukul 00.23

    Dengan google meet kita akan lebih mengenal dan dapat berinteraksi dengan siswa dalam pembelajaran

    BalasHapus
  9. Casino Bonus Codes - December 2021
    No deposit bonus casino promotions. We recommend poormansguidetocasinogambling 2021 casino bonus codes and หารายได้เสริม promos for https://octcasino.com/ new players. We 토토 사이트 also list new casino bonuses for December 2021.

    BalasHapus

Featured Post

Refleksi Pembelajaran Matematika Realistik dengan Geogebra dalam Pembelajaran Fungsi Eksponensial di SMAN 1 Boyolali

Edisi: Vol. 5 No. 1 September - Desember 2024 Penulis : Windi  Hastuti, S.Pd (Guru Matematika SMAN 1 Boyolali - Jawa Tengah) Keprihatinan sa...