Oleh: ENNY SETYO MUJININGSIH, S. Pd., M. Pd.
(Guru Bahasa Inggris SMKN 2 Surakarta - Jawa Tengah)
Edisi: Vol.1 No.3 Mei - Agustus 2021
Perkembangan teknologi informasi di Indonesia sudah sangat pesat, hal ini terlihat dari penggunaan teknologi informasi yang dulu hanya digunakan pada perusahaan-perusahaan besar sekarang penggunaan teknologi informasi sudah digunakan oleh perusahan-perusahaan kecil dan kini mulai merambah ke sektor pendidikan seperti sekolah. Teknologi yang terus berkembang akan memberikan dampak suatu perubahan pada sebuah sistem, dimana suatu sistem yang biasa dilakukan secara manual, kini sistem tersebut dapat dilakukan secara komputerisasi. Sekolah yang ingin terus meningkatkan kualitas juga sudah mulai menerapkan penggunaan teknologi informasi untuk kelancaran kegiatan di sekolah terlebih di masa pandemi Covid-19 sekarang ini
Persebaran virus Corona yang massif di berbagai negara, memaksa kita untuk melihat kenyataan bahwa dunia sedang berubah. Kita bisa melihat bagaimana perubahan-perubahan di bidang teknologi, ekonomi, politik hingga pendidikan di tengah krisis akibat Covid-19. Perubahan itu mengharuskan kita untuk bersiap diri, merespon dengan sikap dan tindakan sekaligus selalu belajar hal-hal baru. Indonesia tidak sendiri dalam mencari solusi bagi peserta didik agar tetap belajar dan terpenuhi hak pendidikannya.
Untuk meningkatkan kualitasnya, SMK Negeri 2 Surakarta sudah mulai menerapkan penggunaan teknologi informasi untuk kelancaran kegiatan. Penggunaan media dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran di masa pandemi ini merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Meski begitu, perlu ditunjang penerapan media pembelajaran, sehingga diperoleh manfaat lebih besar. Selain lebih menarik minat siswa, dapat menumbuhkan motivasi belajar. Materi pengajaran lebih mudah dipahami. Siswa tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi lebih aktif dan terlibat dalam proses mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain-lain. Salah satu media pembelajaran yang lebih efektif dan efisien untuk digunakan adalah website dengan jaringan internet yaitu aplikasi e-learning.
E-learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk tekhnologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website E-learning merupakan dasar dari teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning murid tidak perlu hadir di ruang kelas untuk menyimak guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan juga menghemat biaya yang harus dikeluarkan sebuah program studi atau program pendidikan.
Dalam pembelajaran di SMK Negeri 2 Surakarta di masa pandemi ini menggunakan aplikasi e-elearning dengan alamat website https://guru.smkn2solo.sch.id. Untuk masuk ke –e-learning masing-masing guru diberi alamat dan pasword sendiri-sendiri, contohnya: nama guru@smkn2-solo.net
Pada pelajaran Bahasa Inggris juga tetap menerapkan 4 keterampilan baik reading, listening, speaking dan writing. Untuk materinya dapat di upload dengan mudah di bagian materi melalui link video, PPT, file dalam bentuk pdf maupun dalam bentuk buku text. Dengan aplikasi e-learning dapat membangkitkan minat belajar siswa.
Fitur E-learning SMKN2 Surakarta
Mekanisme pada e-learning SMKN2 Surakarta adalah siswa akan mendapatkan materi dan soal mata pelajaran bahasa Inggris dan nantinya siswa diminta menyelesaikan soal-soal yang telah ditampilkan di bagian tugas siswa. Sedangkan yang meng-input materi dan soal adalah guru. Cara peng-input-nya terlebih dahulu login dengan memasukan username dan password yang sudah terdaftar. Setelah berhasil login, akan tampil data user. Maka guru bisa menginput materi dan soal, serta bisa melihat nilai siswa dan kehadiran siswa.
Sistem e-learning SMKN2 Surakarta terbagi menjadi beberapa halaman, yaitu interface halaman utama, halaman login dimana digunakan untuk memasukan username dan password akun yang sudah terdaftar, halaman wali kelas, guru, halaman perpustakaan, halaman tambah materi, halaman tambah soal, halaman lihat nilai digunakan untuk melihat nilai semua siswa, halaman latihan soal, halaman nilai digunakan untuk menentukan hasil nilai dari soal yang telah dikerjakan siswa, halaman materi, yang mana berisi laman untuk memilih materi pada pembelajaran apa yang akan dipelajari. Misal pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas X dengan tema “teks Naratif” dimana isi materinya menceritakan tentang cerita rakyat dengan bahasa Inggris. Contohnya, SnowWhite. Ada juga contoh soal tentang Sangkuriang dalam bahasa Inggris dengan bentuk pilihan ganda. Tentunya soal ini diletakkan pada halaman soal pilihan ganda. Soal essay juga diletakkan pada halaman soal essay.
Untuk pengumpulan tugas peserta didik dapat bisa mengirimkan tugasnya baik dalam bentuk file pdf, video atau link. Instruksi kegiatan ada diruang tugas sehingga peserta didik akan mengetahui kegiatan apa yang harus dikerjakan pada pertemuan sesuai jadwalnya. Jika ada kesulitan atau permasalahan yang dihadapi peserta didik dapat menyampaikan diruang diskusi. Diruang diskusi ini guru dapat menambahkan link zoom meeting atau google meet sehingga mampu memberikan interaksi antara guru dan peserta didik secara efektif.
Pada aplikasi e-learning ini guru dapat menjadwalkan kegiatan pembelajaran dan ujian dengan mudah, kehadiran peserta didik dalam kegiatan ini pun dapat terekap secara otomatis. Untuk nilai atau hasil ulangan peserta didik hingga rapor juga dapat diunduh dan tersimpan di aplikasi ini. Aplikasi E-learning yang diterapkan di SMKN 2 Surakarta ini sangat membantu proses kegiatan pembelajaran jarak jauh dan dapat diakses guru, peserta didik, orang tua, dan pihak sekolah setiap saat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar