Edisi: Vol. 3 No. 1 September - Desember 2022
Oleh : Joko Sulistiyono, S. Kom, M. Pd.
(Guru TIK SMA Negeri 6 Semarang - Jawa Tengah)
Schoology merupakan salah satu aplikasi LMS (Learning Management System) yang berisi fitur-fitur yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, LMS bisa membuat peserta didik dan guru masuk ke dalam forum untuk saling berdiskusi, mengerjakan kuis online serta mengakses materi pembelajaran dimana saja dan kapan saja selama terkoneksi internet. Aplikasi ini sangat cocok untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi digital saat ini.
Schoology tersedia pada laman web yang berbentuk web sosial yang menawarkan pembelajaran sama seperti di dalam kelas secara gratis dan mudah digunakan seperti Facebook. Schoology adalah jejaring sosial berbasis web yang difokuskan pada kerjasama, untuk memungkinkan pengguna membuat, mengelola, dan saling berinteraksi serta berbagi konten akademis. E-learning ini juga memberikan akses pada guru dan siswa untuk presensi, pengumpulan tugas, latihan soal dan media sumber belajar yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun serta juga memberikan akses pada orang tua untuk memantau perkembangan belajar siswa di sekolah.
Gambar: Tampilan Jendela Aplikasi Schoology.
Kelebihan Penggunaan Schoology
- Stay Connected (Terhubung), Instruktur/pendidik dapat mengirim pembaharuan course, group serta pesan pribadi dan memberikan kumpan balik pada siswa, dan mengatur acara dengan antar muka intuitif Schoology pada perangkat mobile mereka.
- Extend Class Time (Memperpanjang waktu di kelas), Peserta didik/siswa dapat melihat pelajaran secara online, berkolaborasi dengan rekan–rekan mereka dan dapat belajar secara mandiri melalui perangkat mobile mereka yang dapat dilakukan apanpun dan dimanapun mereka inginkan.
- Manage on the Go (Mengelola saat bepergian dimanapun) Melalui Schoology guru dapat dengan mudah mengabsen, membuat penugasan, berdiskusi, memeriksa hasil pekerjaan rumah siswa serta menilai hasil pekerjaan tersebut dimanapun berada. Selain itu melalui Schoology guru dapat memberikan umpan balik pada siswa melaui perangkat mobile mereka.
- Leverage iOS and Android Devices. Schoology merupakan aplikasi mobile gratis yang dapat di unduh dari semua perangkat mobile berbasis iOS maupun Android. Aplikasi ini juga memiliki pemberitahuan jika ada update (pembaharuan) atau kiriman terbaru dari aplikasi tersebut, sehingga pengguna bisa mudah memperbaharui aplikasi ini setiap waktu.
Secara umum beberapa kelebihan dari schoology adalah tersedianya fasilitas Attandance/absensi, yang digunakan untuk mengecek kehadiran peserta didik, dimana murid bisa ditandai sebagai “hadir”, “izin”, ”terlambat”, ataupun “tidak masuk”. Selain itu, terdapat fasilitas Analityc untuk melihat semua aktivitas peserta didik pada setiap course, assignment, discussion dan aktivitas lain yang kita siapkan untuk peserta didik. Melalui fitur analytic ini, kita juga bisa melihat di mana saja atau pada aktivitas apa saja seorang peserta didik biasa menghabiskan waktu mereka ketika dia login. Pada schoology juga dapat dilakukan pengaturan/moderasi terhadap user yang ingin gabung pada group/kelas kita, pada status Access Group sebagai Invite Only, Allow Requests ataupun Open. Guru juga bisa memfilter postingan-postingan peserta didik pada sebuah course sebelum postingan tersebut dipublish. Jadi peserta didik tidak bisa seenaknya update status pada course-nya. Secara khusus schoology juga memiliki fasilitas untuk berkirim surat/message dan hanya melalui direct post. Sehingga pada schoology, anda bisa berkirim surat kemanapun melalui fasilitas Messages yang tersedia. Schoology juga tidak hanya bisa mengupdate status untuk course atau group anda saja, melainkan bisa mengintegrasikan (sharing) postingan anda ke account Facebook atau Twitter anda. Schoology juga menyediakan fasilitas untuk mengelola nilai (grade) hasil quiz atau aktivitas lain, via Gradebook.
Sebelum Anda mendaftar sebagai peserta didik dan mendapatkan akun di Schoology, Anda akan diberikan 6 digit kode grup (group code) dari instruktur Anda. Kode grup ini merupakan kunci bagi Anda untuk ikut serta dalam kelas maya (group) yang telah disediakan oleh instruktur Anda. Setelah Anda mendapatkan kode grup ini, maka Anda dapat membuat akun di Schoology.
Mendaftar dan membuat akun schoology
- Buka alamat web www.schoology.com
- Klik Sign Up/Daftar
- Pilih Student/Pelajar
- Masukkan kode akses yang telah diberikan guru. contoh : KK7K-VMVM-8SKRX
- Mengisi form data pendaftaran seperti nama depan, nama belakang, alamat e-mail dan password. Serta data kelahiran.
Melihat beranda kelas schoology peserta didik
Pada tampilan beranda kelas peserta didik akan muncul fitur-fitur Kursus (Courses), Group (Groups), Sumber Daya (Resource) dan Kelas (Grade). Penjelasan dari fitur-fitur tersebut adalah :
- Courses (Kursus), yaitu fasilitas untuk melihat kelas mata pelajaran yang sedang diikuti.
- Group (Groups), yaitu fasilitas untuk melihat kelompok.
- Sumber Daya (Resource), bagian ini digunakan untuk melihat hasil penyimpanan belajar peserta didik baik berupa soal-soal pengetahuan maupun keterampilan, juga berfungsi sebagai penyimpanan foto-foto maupun video aktifitas pembelajaran peserta didik.
Bergabung dengan kursus (course)
Untuk bergabung dengan menu kursus langkahnya adalah seperti berikut ini:
- Klik course atau kursus yang diikuti.
- Pilih Kursus (course) di bagian biru atas, lalu lihat gambar kelas,
- Klik nama kelas di bawah gambar (misalnya PKWU Kelas X – MIPA 1)
Di dalam kelas kursus peserta didik tersedia menu-menu untuk materi (material), pembaharuan (update), tingkatan (grade), kehadiran (attendance), dan anggota (members) dikelas tersebut. Fungsi dari setiap menu tersebut adalah :
- Materi (Material). Menu ini berfungsi sebagai tempat menyimpan semua folder materi, tugas yang dikirim guru kepada peserta didik sesuai kelas pembelajarannya.
- Pembaharuan (Update). Pada menu ini peserta didik dapat melihat jawaban peserta didik yang lain atas pertanyaan guru (instruktur), juga dapat mengirimkan video pembelajaran, mengirimkam file, tautan (link) dan juga bahan lain dalam bentuk folder maupun file. Pembaharuan ini akan memperlihatkan setiap informasi terkait yang terjadi di dalam kelas baik yang dilakukan oleh guru (instruktur) maupun oleh peserta didik. Menu pembaharuan ini juga berguna sebagai tempat diskusi peserta didik dengan guru (instruktur).
- Grade (Kelas/Tingkatan). Pada fitur ini peserta didik dapat melihat bentuk bentuk soal/quiz yang pernah diberikan oleh guru (instruktur), dapat juga mengklik soal tersebut lalu menjawab dan mengirimkan jawabannya.
- Kehadiran (Attendence). Pada fitur ini peserta didik dapat melihat kehadirannya yang telah di absen oleh instruktur/guru.
- Anggota/Members/Peserta didik. Pada fitur ini peserta didik dapat melihat seluruh anggota / peserta didik yang terdaftar dalam 1 (satu) kelas pembelajaran yang mempunyai kode akses yang sama.
- Masuk ke Group/Kelompok Lain. Untuk bergabung dengan group lain maka peserta harus memasukkan kode akses group yang akan diikutinya. Fitur ini bersifat opsional.
- Sumber Daya (Resources). Pada bagian ini, peserta didik dapat menyimpan semua bahan pekerjaan yang telah mereka lakukan, seperti koleksi tugas-tugas yang telah mereka kirimkan kepada intruktur (guru) baik berupa tugas pengetahuan maupun tugas keterampilan. Disini terdapat koleksi pribadi juga koleksi kelompok. Di kolom “Tambahkan Sumber Daya (Add Resources)”, peserta didik dapat menambahkan folder, file ataupun tautan/link koleksi tugas yang mereka punya sesuai pengelompokan pekerjaan, misalnya folder tugas, folder hasil karya, folder gambar, maupun folder video.
Fitur-fitur lainnya
Disamping menu-menu utama dalam kelas kursus seperti telah dijelaskan diatas, terdapat pula menu-menu lain disebelah kanan dari halaman schoology ini yaitu :
- Pencarian (search). Menu ini menyiapkan tombol pencarian dengan tampilan seperti cermin untuk mencari dokumen yang dibutuhkan.
- Kalender. Menu ini menyiapkan data kehadiran dan aktivitas yang dilakukan peserta didik.
- Pesan/Messages. Tampilan pesan akan di tandai dengan gambar Peserta dapat membuat pesan ini kepada insturuktur anda atau sesorang di dalam jaringan anda,
- Pemberitahuan (Notifikasi). Tanda pemberitahuan ini akan berwarna kuning jika ada pemberitahuan masuk dan akan menampilkan jumlah pemberitahuan yang masuk dengan angka. Soal-soal tugas yang dikirim oleh guru (instruktur), masuknya juga di pemberitahuan ini. Jika ada tugas yang masuk anda dapat mengambil dan mengirimkan kembali dengan cara buka soal yang guru (instruktur) berikan. Soal itu terdapat di notifikasi pojok kanan atas samping nama anda, jawab soal. jika selesai klik submit/kirim yang ada di sebelah kanan.
- Profile peserta didik. Terletak paling pojok sebelah kanan, disebelah tanda lonceng (notifikasi). Cara mengatur profile pada akun peserta dilakukan dengan mengklik pojok kanan pada nama anda lalu akan muncul pilihan, pilih profil kamu (your profile), selanjutnya lihat sebelah kanan akan muncul menu isi profile anda (fill out your profile). Peserta dapat menambahkan foto (add your photo), menulis bio pendek/biodata anda (write a short bio), tambahkan aktivitas dan minat (add activities and interest).
- Logout/Keluar. Menu ini terdapat di kolom profile. Klik foto atau tanda panah ke bawah, terdapat tulisan keluar/logout. Setelah peserta didik keluar, maka akan muncul tampilan untuk login kembali, jika peserta didik telah selesai dan mengkahiri pembelajaran, jendela ini bisa ditutup, tetapi jika akan masuk kembali ke kelas kursus, maka cukup mengklik login atau gabung tanpa harus mendaftar kembali seperti pada langkah di awal. Jika langkah ini belum berhasil maka kemungkinan langkah pendaftaran diawal belum tersimpan dan anda diminta untuk mengulang kembali.
Daftar Referensi
- Aminoto, T. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi.
- Ariani, Y & Helsa, Y. (2019). Desain Kelas Digital Menggunakan Edmono & Schoology (Cetakan Pertama). Yogyakarta: Budi Utama.
- Kusumantara, K.S., Santyadiputra, G.S., dan Sugihartini, N. (2017). Pengaruh ELearning Schoology Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Dengan Model Pembelajaran Savi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
- Mustakima, M., Shoffa, S., Hidayatullah, A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran blended learning berbasis schoology untuk meningkatkan literasi digital matematika. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, vol.5 No.1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar