(Guru Fisika SMAN 6 Surakarta - Jawa Tengah)
Pembelajaran jarak jauh merupakan tantangan untuk guru untuk kreatif, aktif dan kreatif mengembangkan media dan metode pembelajaran agar materi dapat dipahami peserta didik, serta peserta didik tidak jenuh. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah menyajikan materi dalam bentuk video dan diupload dalam youtube guru. Dalam pembuatan video ini memang memerlukan waktu, tenaga, pikiran dan peralatan berupa kamera, tripod, papan tulis, media pendukung pembelajaran, lighting dan ruangan yang memadai. Dan dalam artikel ini saya uraikan juga mengenai analisis alat peraga menuju standar, analisis kajian KI dan KD, analisis kajian teori, laporan pembuatan panduan alat peraga, dan rencana tindak lanjut. Demikian pula saya laporkan refleksi berupa respon siswa setelah video pembelajaran ini mendampingi siswa dalam pembelajaran selama masa pandemi ini.
Upaya meningkatkan kualitas pendidikan terus-menerus dilakukan untuk mewujudkan tujuan nasional. Hal tersebut telah tercantum dalam UU Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003. Dalam UU Sisdiknas tersebut dikemukakan bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhak mulia, sehat, berilmu cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Gagne (1985: 22) mengemukakan bahwa kondisi pembelajaran yang diperlukan untuk mencapai hasil belajar secara maksimal secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu kondisi internal dan kondisi eksternal. Kondisi internal adalah faktor-faktor yang ada dalam diri siswa meliputi: kesiapan, kemampuan, pengetahuan prasyarat yang telah dimiliki siswa, motivasi, aktivitas bakat dan intelegensi. Kondisi eksternal adalah segala sesuatu yang berada di luar diri siswa namun ikut mempengaruhi belajar siswa meliputi: sarana prasarana belajar, ruang belajar, media pembelajaran dan sebagainya.
Media pembelajaran mempunyai peranan yang sama pentingnya dengan faktor-faktor pendidikan yang lain, tetapi kadang-kadang kurang diperhatikan guru. Padahal dengan pemilihan media yang tepat, merupakan kunci keberhasilan suatu proses belajar-mengajar. Media pembelajaran yang kreatif dan menarik sangat diperlukan dalam pembelajaran di era pandemi. Media ini diperlukan agar peserta didik lebih mudah memahami materi yang dijelaskan.
Media video merupakan salah satu contoh media pembelajaran kreatif dan menarik. Beberapa penelitian menyebutkan dengan melihat dan mendengarkan, peserta didik dapat lebih memahami materi pembelajaran. Selain itu dengan media video pembelajaran menjadi tidak membosankan, karena teori, praktikum, dan contoh dalam kehidupan sehari-hari dapat dikemas menjadi satu dalam video.
Dari faktor tersebut mendorong saya untuk membuat video pembelajaran, dan agar dapat dilihat berulang-ulang oleh semua pelajar di dunia maka saya upload dalam channel youtube. Salah satu materi yang penulis buat sebagai video pembelajaran dan saya masukkan youtube adalah tentang Hukum Archimedes. Link video tersebut https://youtu.be/tTpvulKYaxY. Antusias peserta didik untuk belajar melalui link tersebut sangat banyak, baik dari SMAN 6 Surakarta maupun dari SMA yang lain. Semoga dengan adanya video pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi ini dan juga dapat menggugah para guru untuk lebih variatif dan inovatif dalam menfasilitasi siswa di masa pandemi ini.
Referensi:
- Haliday Resnick. 1999. Fisika. Jakarta: Erlangga.
- Jerry D. Wilson dan Anthony J. Buffa. 1997. College Physics.New Jersey: Prentice Hall.
- Serway Jewett. 2009. Fisika untuk Sains dan Teknik.Salemba Teknika.
- Vern J.Ostdiek dan Donald J.Bord. 2008. Inquiry into Physics.USA: Thomson Brooks.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar