Senin, 25 Oktober 2021

PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI E-LEARNING BERBASIS LMS SMKN 2 SURAKARTA

Oleh: Mini Sudaryanti, S. Pd.
(Guru SMKN 2 Surakarta - Jawa Tengah)

Edisi: Vol.2 No.1 September - Desember 2021

Meningkatnya teknologi di era globalisasi yang serba modern ini penggunaan teknologi digital bisa kita terapkan pada dunia pendidikan sebagai fasilitas untuk memperlancar proses pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik. Penggunaan teknologi dapat meningkatkan minat belajar peserta didik karena tampilan yang lebih menarik sehingga peserta didik tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. Dalam perkembangan zaman di era Revolusi Industri 4.0 tentunya perkembangan teknologi digital mengalami peningkatan yang sangat pesat. Inovasi dan kecanggihan yang terus dikembangkan akan sangat membantu kehidupan manusia. Seperti yang kita ketahui, dalam kehidupan manusia di era digital ini akan selalu terhubung dengan teknologi. Teknologi telah mempengaruhi dan mengubah manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kehidupan masyarakat Indonesia saat ini tidak terlepas dari teknologi digital. Teknologi memiliki peran penting dan nyata pada era masyarakat informasi (Information Society) atau masyarakat ilmu pengetahuan (Knowledge Society).

Salah satu pemanfaatan teknologi digital di sekitar kita yang dapat menjadi fokus masyarakat Indonesia yakni teknologi digital sebagai media E-Learning yang terjangkau dan menyeluruh. Pemanfaatan teknologi digital ini dapat dimanfaatkan sebagai pengolah data menjadi informasi dengan memproses, menyajikan, dan mengelola informasi pembelajaran. Pada masa pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi memaksa percepatan di sektor pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh. Penerapan pembelajaran melalui E-Learning merupakan suatu media baru yang dapat mengatasi sikap pasif peserta didik. Dengan penerapan E-Learning dapat memberikan manfaat, seperti tersedianya sumber-sumber pembelajaran yang tidak terbatas dan terbentuknya komunitas pembelajar yang saling berinteraksi, saling memberi dan menerima serta tidak terbatas dalam satu lokasi.

Dengan teknologi digital, Indonesia dapat memajukan kapasitas dan pengetahuan bangsa dengan waktu yang lebih cepat, praktis, merata, dan terjangkau di seluruh Indonesia. Dengan teknologi digital, akses pendidikan akan sangat mudah didapatkan. Selain itu, pemanfaatan teknologi digital yang telah dijabarkan dapat memberikan dampak positif dengan pengembangan dan penerapan yang bermanfaat dalam sektor pendidikan antara lain, munculnya Media Massa khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang dapat dengan mudah dipahami dan sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.

Pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat. Dalam bidang pendidikan tentu banyak hal dan bahan yang harus dipersiapkan. Tapi dengan perkembangan teknologi semua itu dapat dilakukan hanya dalam waktu yang singkat. Penyediaan media serta metodologi pendidikan yang dinamis, kondusif serta dialogis sangat diperlukan bagi pengembangan potensi peserta didik, secara optimal. Hal ini disebabkan karena potensi peserta didik akan lebih terangsang bila dibantu dengan sejumlah media atau sarana dan prasarana yang mendukung proses interaksi yang sedang dilaksanakan.

Media dalam perspektif pendidikan merupakan instrumen yang sangat strategis dalam ikut menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Sebab keberadaannya secara langsung dapat memberikan dinamika tersendiri terhadap peserta didik. Dengan keterbatasan yang dimiliki, manusia seringkali kurang mampu menangkap dan menanggapi hal-hal yang bersifat abstrak atau yang belum pernah terekam dalam ingatannya. Untuk menjembatani proses internalisasi diperlukan media pendidikan yang memperjelas dan mempermudah peserta didik dalam menangkap pesan-pesan pendidikan yang disampaikan. Oleh karena itu, semakin banyak peserta didik disuguhkan dengan berbagai media atau sarana dan prasarana yang mendukung, maka semakin besar kemungkinan nilai-nilai pendidikan mampu diserap dan dicerna.

Dengan pemanfaatan teknologi digital tentunya akan sangat membantu kehidupan sehari-hari. Teknologi digital dapat membangun kreatifitas yang sangat diperlukan dalam teknologi informasi. Yang diharapkan dari sebuh kemajuan teknologi adalah percepatan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Perkembangan teknologi digital sudah demikian pesat sehingga sulit bagi kita untuk mengontrolnya. Hampir setiap detik dari produk teknologi digital diciptakan di semua bagian dunia. Saat ini semua lapisan masyarakat sangat mengandalkan peran teknologi sebagai kegiatan pembelajaran dalam hal pengenalan sebuah kemajuan. Mengetahui beberapa contoh dari pemanfaatan teknologi digital dan dapat dikatakan saat ini kehidupan manusia sangat mengandalkan bantuan teknologi dalam kehidupan sosial ekonominya. Karena teknologi yang perkembangannya begitu cepat, secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. 

Salah satu pemanfaatan teknologi digital di sekitar kita yang dapat menjadi fokus masyarakat Indonesia yakni teknologi digital sebagai media E-Learning yang terjangkau dan menyeluruh. Pemanfaatan teknologi digital ini dapat dimanfaatkan sebagai pengolah data menjadi informasi dengan memproses, menyajikan, dan mengelola informasi pembelajaran. Pada masa pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi memaksa percepatan di sektor pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh. Penerapan pembelajaran melalui E-Learning merupakan suatu media baru yang dapat mengatasi sikap pasif peserta didik. Dengan penerapan E-Learning dapat memberikan manfaat, seperti tersedianya sumber-sumber pembelajaran yang tidak terbatas dan terbentuknya komunitas pembelajar yang saling berinteraksi, saling memberi dan menerima serta tidak terbatas dalam satu lokasi. Dengan teknologi digital, Indonesia dapat memajukan kapasitas dan pengetahuan bangsa dengan waktu yang lebih cepat, praktis, merata, dan terjangkau di seluruh Indonesia. Dengan teknologi digital, akses pendidikan akan sangat mudah didapatkan. Selain itu, pemanfaatan teknologi digital yang telah dijabarkan dapat memberikan dampak positif dengan pengembangan dan penerapan yang bermanfaat dalam sektor pendidikan antara lain, munculnya Media Massa khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang dapat dengan mudah dipahami dan sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat. Dalam bidang pendidikan tentu banyak hal dan bahan yang harus dipersiapkan. Tapi dengan perkembangan teknologi semua itu dapat dilakukan hanya dalam waktu yang singkat. Penyediaan media serta metodologi pendidikan yang dinamis, kondusif serta dialogis sangat diperlukan bagi pengembangan potensi peserta didik, secara optimal. Hal ini disebabkan karena potensi peserta didik akan lebih terangsang bila dibantu dengan sejumlah media atau sarana dan prasarana yang mendukung proses interaksi yang sedang dilaksanakan.

Media dalam perspektif pendidikan merupakan instrumen yang sangat strategis dalam ikut menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Sebab keberadaannya secara langsung dapat memberikan dinamika tersendiri terhadap peserta didik. Dengan keterbatasan yang dimiliki, manusia seringkali kurang mampu menangkap dan menanggapi hal-hal yang bersifat abstrak atau yang belum pernah terekam dalam ingatannya. Untuk menjembatani proses internalisasi diperlukan media pendidikan yang memperjelas dan mempermudah peserta didik dalam menangkap pesan-pesan pendidikan yang disampaikan. Oleh karena itu, semakin banyak peserta didik disuguhkan dengan berbagai media atau sarana dan prasarana yang mendukung, maka semakin besar kemungkinan nilai-nilai pendidikan mampu diserap dan dicerna.

Dengan pemanfaatan teknologi digital tentunya akan sangat membantu kehidupan sehari-hari. Teknologi digital dapat membangun kreatifitas yang sangat diperlukan dalam teknologi informasi. Yang diharapkan dari sebuh kemajuan teknologi adalah percepatan untukcmendapatkan informasi yang dibutuhkan. Perkembangan teknologi digital sudah demikian pesat sehingga sulit bagi kita untuk mengontrolnya. Hampir setiap detik dari produk teknologi digital diciptakan di semua bagian dunia. Saat ini semua lapisan masyarakat sangat mengandalkan peran teknologi sebagai kegiatan pembelajaran dalam hal pengenalan sebuah kemajuan. Mengetahui beberapa contoh dari pemanfaatan teknologi digital dan dapat dikatakan saat ini kehidupan manusia sangat mengandalkan bantuan teknologi dalam kehidupan sosial ekonominya. Karena teknologi yang perkembangannya begitu cepat, secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.

Masa pandemi yang sedang berlangsung hampir dua tahun pembelajaran kepada peserta didik dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau daring. Banyak materi yang tidak bisa tersampaikan kepada peserta didik dengan baik sehingga peserta didik yang ketinggalan materi pembelajaran. Hal ini tidak bisa dibiarkan karena pendidikan sangat penting dalam membentuk akhlak dan karakter peserta didik. Pendidikan memiliki peran penting dalam keberlangsungan hidup  suatu bangsa karena generasi muda adalah penerus bangsa. Oleh karena itu generasi muda harus dipersiapkan secara sejak dini melalui pedidikan. Meskipun masa pandemi pendidikan tetap harus diutamakan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Dalam pemanfaatan teknologi digital sekolah kami menggunakan aplikasi utama yaitu E- Learning yang berbasis LMS SMKN 2 SURAKARTA. Aplikasi  ini adalah jenis aplikasi yang diciptakan oleh team IT SMKN 2 SURAKARTA guna menunjang kelancaran PJJ di sekolah kami. Kami menggunakan aplikasi E-Learning yang bisa diakses siswa dan guru setiap saat. Selain aplikasi E-Learning kami juga menggunakan aplikasi zoom supaya peserta didik tidak bosan. You Tube jarang kami gunakan karena akan memberatkan biaya untuk pembelian quota. Alhamdulillah peserta didik kami antusias dalam merespon aplikasi yang kami terapkan sehingga kami bisa menyampaikan materi dengan baik karena aplikasi ini berisikan materi pembelajaran yang di kemas secara menarik. Pada aplikasi E-Learning ini bisa menampilkan materi yang disertai gambar-gambar yang dibutuhkan dalam pembelajaran, skema, maupun video sehingga siswa tidak perlu mencari materi sendiri atau mendownload materi sehingga peserta didik tidak  jenuh. Peserta didik juga bisa mengumpulkan tugas di aplikasi ini. Para guru bisa memberi salam, tugas dan membuat jurnal pembelajaran sehingga dalam satu kali pembelajaran jarak jauh  menjadi lebih efektif.

Berikut ini beberapa fitur pengelolaan pembelajaran berbasis Learning Management System di SMKN 2 Surakarta:

  • Ruang Diskusi Daring


  • Media Belajar dengan kemampuan multimedia 


  • Sarana pengumpulan tugas dan portofolio siswa

  • Presensi Siswa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Refleksi Pembelajaran Matematika Realistik dengan Geogebra dalam Pembelajaran Fungsi Eksponensial di SMAN 1 Boyolali

Edisi: Vol. 5 No. 1 September - Desember 2024 Penulis : Windi  Hastuti, S.Pd (Guru Matematika SMAN 1 Boyolali - Jawa Tengah) Keprihatinan sa...