Jumat, 30 Juli 2021

PERMAINAN VOLI VOLSAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI

Oleh: Drs. Waskitho Widarso Eko Putro
(Guru Olahraga SMA Negeri 4 Surakarta - Jawa Tengah)

Edisi: Vol.1 No.3 Mei - Agustus 2021

Salah satu cabang olahraga bola besar yang diajarkan di SMA adalah cabang olahraga bola voli. Olahraga bola voli adalah permainan beregu yang menuntut pola kerjasama antar pemain dalam satu tim yang kompak untuk mencapai kemenangan. Meskipun sifatnya adalah permainan tim, namun penguasaan teknik dasar individual sangat berpengaruh terhadap keberhasilan tim. Karena itu keterampilan individual dalam penguasaan teknik dasar bola voli sangat penting untuk menunjang keberhasilan tim. 

Berbeda dengan teknik permainan bola besar lainnya, seperti sepak bola, dalam permainan bola voli setiap pemain berotasi atau berganti posisi ditengah lapangan. Dengan demikian tidak ada peran atau posisi khusus yang secara terus menerus ditempati atau dilakukan oleh seorang pemain. Setiap pemain harus bisa menjadi server, stopper, blocker, maupun smasher!  Dalam permainan bola voli, setiap pemain harus bisa menjadi siapa saja. Karena itu setiap pemain harus menguasai semua jenis pukulan atau teknik dasar dalam permainan bola voli. Penguasaan teknik dasar dalam permainan bola voli sangat penting untuk dikuasai setiap pemain. Selain kerjasama tim yang harus kompak dan harmonis, keterampilan individual memainkan peran kunci keberhasilan tim bola voli.

Dalam permainan bola voli ada beberapa teknik dasar yang harus dikua-sai oleh seluruh anggota tim. Beberapa jenis pukulan atau teknik dasar bola voli antara lain: serving, smashing, blocking, stopping maupun passing. Teknik dasar passing adalah teknik operan yang dilakukan oleh seorang pemain kepada teman seregunya dilapangan sendiri untuk menghentikan bola lawan atau untuk memberikan posisi shooting yang lebih baik kepada teman seregunya; maupun langsung diarahkan ke posisi lawan. Dalam permainan bola voli, teknik dasar passing ada dua, yaitu passing atas dan passing bawah.

Untuk meningkatkan kemampun passing atas guru dapat menerapankan strategi permainan volsal. Permainan voli volsal atau voli sasaran lempar adalah bentuk dari modifikasi yang digunakan untuk melatih teknik dasar passing atas. Permainan voli volsal/ voli sasaran lempar dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim terdiri atas 5 orang. Permainan jenis ini sangat tepat digunakan sebagai sarana melatih, membiasakan dan mengkonstruksi pengetahuan tentang teknik dasar passing atas. Karena jika hanya diterangkan dengan deskripsi dengan kata-kata, siswa masih kurang memahami atau kurang jelas. Sementara teknik dasar passing atas juga tidak mudah untuk dicontoh, karena dalam pelakasanaannya teknik ini memerlukan kelenturan dan reflex jari-jari. Dengan teknik permainan voli volsal diaharapkan siswa akan mampu merasakan gerak dan membangun reflex jari-jari secara langsung atau melalui pengalaman empirik.

Teknik permainan voli volsal dapat digunakan untuk melatih teknik dasar permainan bola voli passing atas. Permainan Voli volsal mengkombinasikan permainan dan dasar-dasar melakukan passing atas. Pelaksanaan permainan voli volsal dapat dibagi dalam tiga sessi permainan:

Permainan 1 

Siswa dibagi menjadi dua kelompok yang di tempatkan di lapangan A dan lapangan B. Tiap siswa berdiri digaris lapangan sesuai urutan nomor yang sudah ditentukan. Pemain berdiri mengelilingi lapangan seperti persiapan lari estafet. Setelah persiapan selesai guru memberi tanda bahwa permainan dimulai. 

Siswa yang berada di urutan nomor satu melempar bola ke temannya yang berada di urutan nomor dua dengan kedua tangan seperti halnya melakukan passing atas. Pemain diurutan nomor dua menangkap bola menggunakan kedua tangan, setelah menangkap bola nomor dua lalu melempar kembali ke nomor tiga dan seterusnya sampai ke nomor terakhir yaitu nomor sepuluh. 

Setelah bola sampai di urutan nomor sepuluh lalu nomor sepuluh berpindah tempat ke nomor satu dengan cara lari, siswa nomor satu lari ke nomor dua seterusnya sampai perpindahan tempat nomor satu kembali lagi pada posisi nomor satu. Pemenangnya adalah kelompok yang tercepat melakukan perpindahan tempat sambil lempar tangkap bola.

 

Permainan 2 

Peraturan dalam bermain : 

  1. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok 
  2. 2 kelompok ditempatkan di lapangan 1 dan kelompok lainnya berada di lapangan 2 
  3. Masing-masing kelompok dibariskan berbanjar menghadap net voli dengan jarak lemparan 2 meter dari net voli. 
  4. Kelompok 1 dan 2 diberi masing-masing 1 bola pada siswa paling depan. 
  5. Setelah diberi aba-aba siswa yang memegang bola langsung menimang bola keatas satu kali lalu langsung melempar bola melewati net dengan kedua tangan dari atas kepala dengan cara mendorong bola seperti melakukan passing atas. 
  6. Setelah melempar bola siswa langsung berlari kearah barisan paling belakang. 
  7. Kelompok yang berada di lapangan 2 menangkap bola lalu langsung menimang bola dan melemparkan bola tersebut melewati net seperti melakukan passing atas kembali dan setelah melempar berlari kearah barisan paling belakang. 
  8. Berulang seterusnya sampai siswa paling terakhir. 
  9. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan sebagai pemenangnya 

Permainan 3

Aturan permainan: Siswa di bagi menjadi empat kelompok, yang berada di dua lapangan A dan lapangan B. Tiap kelompok menempatkan diri pada posisi yang sudah di tentukan, Guru mengundi regu mana yang memegang atau memainkan bola terlebih dahulu. 

Tugas setiap kelompok adalah memasukkan bola ke teman sendiri yang terletak dibelakang garis larangan dengan jarak lemparan dua meter. Siswa yang berhasil memasukan bola bergantian menjadi gawang. Bola dapat dimainkan hanya dengan kedua tangan seperti halnya bermain bola voli passing atas, membawa bola tidak boleh lebih dari tiga langkah dan harus saling mengoper bola. Baik lawan maupun yang mempertahankan tidak boleh melewati garis larangan.

Jika persiapan telah selesai, guru dapat memberikan tanda bahwa permainan telah di mulai. Lama bermain dapat disesuaikan dengan kebu-tuhan. Pemenangnya adalah regu yang paling banyak memasukkan bola ke teman sendiri dengan cara bola di tangkap dengan kedua tangan.

 


Dengan strategi permainan volsal diharpakan peserta didik akan mendapat kesempatan dan keleluasaan untuk berlatih secara aktif dan mandiri tentang teknik dan gerakan teknik dasar passing atas dalam permainan bola voli. Teknik permainan volsal ini diharapkan dapat meningkatkan penguasaan gerak dasar passing atas dalam permainan bola voli.


REFERENSI:

  • BSNP. (2016). Kurikulum Penjasorkes SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  • Harsuki. (2003). Definisi dan Fungsi Pendidikan Jasmani Dalam Pendidikan. Jakarta: PT. Grafidian Jaya. 
  • Sahadi Anwarudin. (2011).  Berlatih Olahraga Permainan Bola Besar. PT Wadah Ilmu. 


13 komentar:

  1. Artikel berjudul permainan bola voli vosal, merupakan salah satu bentuk strategi yang luar biasa. Yng DPR diterapkan dgn mudah PD peserta didik guna meningkatkan kemampuan gerak dasar pasing atas

    BalasHapus
  2. Jadi tertarik maen voli,, terima kasih atas ilmunya. Ditunggu artikel yang lainnya. Semangat!!!

    BalasHapus
  3. Semangat pak.. dengan artikel ini membuat saya lebih tertarik terhadap bola voli

    BalasHapus
  4. Terima kasih Pak. Saya jadi tambah pengetahuan baru. Ditunggu artikel-artikel lainnya Pak.

    BalasHapus
  5. Kumplit infonya ... Lengkap banged... Insyaallah bermanfaat Bapak.. terimakasih ����

    BalasHapus
  6. terima kasih atas artikelnya pak, selama ini bermain voly tanpa tehnik" tertentu sekarang saya jd mengenal tehnik volly vosal sy menjadi giat untuk berlatih lagi

    BalasHapus

Featured Post

Refleksi Pembelajaran Matematika Realistik dengan Geogebra dalam Pembelajaran Fungsi Eksponensial di SMAN 1 Boyolali

Edisi: Vol. 5 No. 1 September - Desember 2024 Penulis : Windi  Hastuti, S.Pd (Guru Matematika SMAN 1 Boyolali - Jawa Tengah) Keprihatinan sa...